SUSANTI, DEVI (2011) PENGARUH PRESEPSI SISWA MENGENAI KETRAMPILAN MENGAJAR GURU DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI BAGI SISWA KELAS XI MAN SALATIGA TAHUN AKADEMIK 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (139kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (17kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (76kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (102kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (82kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (7kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (7kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (321kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa mengenai ketrampilan mengajar guru terhadap prestasi belajar siswa kelas XI MAN Salatiga; 2) Untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar mengenai prestasi belajar siswa kelas XI MAN Salatiga; 3) Untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa mengenai ketrampilan mengajar guru dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas XI MAN Salatiga. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa MAN I Salatiga kelas XI jurusan IPS yang berjumlah 190 siswa. Sampel diambil sebanyak adalah 48 orang siswa dengan teknik proporsional random sampling. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Angket sebelumnya diujicobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji F, uji t, uji R2, dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi: Y = 0.086 + 0.142X1 + 0.320X2. Persamaan menunjukkan bahwa prestasi belajar dipengaruhi oleh ketrampilan mengajar guru dan motivasi belajar. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) Persepsi siswa mengenai ketrampilan mengajar guru berpengaruh positif terhadap prestasi belajar akuntansi pada siswa kelas XI dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, 2.832 > 2,011 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,007 dengan sumbangan relatif sebesar 61.4% dan sumbangan efektif 12.71%; 2) Persepsi siswa mengenai motivasi belajar berpengaruh positif terhadap prestasi belajar akuntansi pada siswa kelas XI dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 2.322 > 2,011 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,025 dengan sumbangan relatif sebesar 38.6% dan sumbangan efektif 7.99%; 3) Persepsi siswa mengenai ketrampilan mengajar guru dan motivasi belajar berpengaruh positif terhadap prestasi belajar akuntansi pada siswa kelas XI dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis variansi regresi linier ganda (uji F) diketahui bahwa Fhitung > Ftabel, yaitu 5.877 > 3,191 dan nilai signifikansi < 0,05. 4) Hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,207 menunjukkan bahwa besarnya pengaruh Ketrampilan Mengajar Guru dan Motivasi Belajar terhadap prestasi belajar siswa adalah sebesar 20,7%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | RAK A210/2011 - 50 |
Uncontrolled Keywords: | Ketrampilan Mengajar Guru, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 22 Nov 2011 06:17 |
Last Modified: | 10 Jan 2012 08:19 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15541 |
Actions (login required)
View Item |