PENGARUH PRESEPSI SISWA MENGENAI KETRAMPILAN MENGAJAR GURU DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI BAGI SISWA KELAS XI MAN SALATIGA TAHUN AKADEMIK 2010/2011

SUSANTI, DEVI (2011) PENGARUH PRESEPSI SISWA MENGENAI KETRAMPILAN MENGAJAR GURU DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI BAGI SISWA KELAS XI MAN SALATIGA TAHUN AKADEMIK 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (139kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (17kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (76kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (102kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (82kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (7kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (321kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa mengenai ketrampilan mengajar guru terhadap prestasi belajar siswa kelas XI MAN Salatiga; 2) Untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar mengenai prestasi belajar siswa kelas XI MAN Salatiga; 3) Untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa mengenai ketrampilan mengajar guru dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas XI MAN Salatiga. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa MAN I Salatiga kelas XI jurusan IPS yang berjumlah 190 siswa. Sampel diambil sebanyak adalah 48 orang siswa dengan teknik proporsional random sampling. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Angket sebelumnya diujicobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji F, uji t, uji R2, dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi: Y = 0.086 + 0.142X1 + 0.320X2. Persamaan menunjukkan bahwa prestasi belajar dipengaruhi oleh ketrampilan mengajar guru dan motivasi belajar. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) Persepsi siswa mengenai ketrampilan mengajar guru berpengaruh positif terhadap prestasi belajar akuntansi pada siswa kelas XI dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, 2.832 > 2,011 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,007 dengan sumbangan relatif sebesar 61.4% dan sumbangan efektif 12.71%; 2) Persepsi siswa mengenai motivasi belajar berpengaruh positif terhadap prestasi belajar akuntansi pada siswa kelas XI dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 2.322 > 2,011 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,025 dengan sumbangan relatif sebesar 38.6% dan sumbangan efektif 7.99%; 3) Persepsi siswa mengenai ketrampilan mengajar guru dan motivasi belajar berpengaruh positif terhadap prestasi belajar akuntansi pada siswa kelas XI dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis variansi regresi linier ganda (uji F) diketahui bahwa Fhitung > Ftabel, yaitu 5.877 > 3,191 dan nilai signifikansi < 0,05. 4) Hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,207 menunjukkan bahwa besarnya pengaruh Ketrampilan Mengajar Guru dan Motivasi Belajar terhadap prestasi belajar siswa adalah sebesar 20,7%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK A210/2011 - 50
Uncontrolled Keywords: Ketrampilan Mengajar Guru, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 22 Nov 2011 06:17
Last Modified: 10 Jan 2012 08:19
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15541

Actions (login required)

View Item View Item