RETNANINGTYAS, NORMA SARI (2011) PENERAPAN PETA KONSEP UNTUK MENINGKATKAN KEBERHASILAN BELAJAR BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS VII B SMP NEGERI 4 KLATEN TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
1_Halaman_Depan.pdf Download (57kB) |
|
|
PDF (Bab I)
2_Bab_I.pdf Download (73kB) |
|
PDF (Bab II)
3_Bab_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (132kB) |
||
PDF (Bab III)
4_Bab_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (80kB) |
||
PDF (Bab IV)
5_Bab_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (137kB) |
||
PDF (Bab V)
6_Bab_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (71kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustska)
7_Daftar_Pustaka.pdf Download (61kB) |
|
PDF (Lampiran)
8_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (210kB) |
Abstract
Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini, yaitu: Bagaimanakah peningkatan keberhasilan belajar Bahasa Indonesia pada siswa kelas VII B Semester II SMP Negeri 4 Klaten Kabupaten Klaten Tahun Ajaran 2010/2011dengan Peta Konsep? Tujuan penelitian ini untuk: untuk mengetahui peningkatan keberhasilan belajar bahasa Indonesia pada siswa kelas II B Semester II SMP Negeri 4 Klaten Kabupaten Klaten Tahun Ajaran 2010/2011 dengan peta konsep. Teori yang menjadi dasar dalam penelitian ini meliputi konsep-konsep mengenai (1) strategi pembelajaran, (2) model pembelajaran peta konsep, (3) tinjauan tentang belajar, (4) tinjauan tentang pelajaran bahasa Indonesia, (5) tinjauan tentang PTK. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan di kelas VII B SMP Negeri 4 Klaten yang berjumlah 24 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi dan metode tes. Instrument penelitian yang digunakan adalah tes, dokumentasi dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian pada bab IV dapat disimpulkan bahwa penerapan peta konsep dapat digunakan untuk meningkatkan keberhasilan belajar bahasa Indonesia pada siswa kelas VII B SMP Negeri 4 Klaten Tahun Pelajaran 2010/2011. Hal ini terbukti sebelum perbaikan ketuntasan siswa dalam belajar hanya 70,83% atau 17 siswa, pada perbaikan siklus I menjadi 83,33%, (dari 24 siswa, yang tuntas 20 siswa) dengan nilai rata-rata 76,04, dan pada siklus II persentase ketuntasan belajar siswa mencapai 91,67% dengan nilai rata-rata 82,08. Dari 24 siswa yang ada 22 siswa di antaranya sudah mencapai ketuntasan belajar, sedangkan yang 2 siswa masih belum tuntas.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | peta konsep, keberhasilan belajar bahasa Indonesia |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 17 Nov 2011 10:38 |
Last Modified: | 17 Nov 2011 10:38 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15499 |
Actions (login required)
View Item |