ANGGRIANTORO, ANDI BUDI (2011) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PENGALAMAN PRIBADI MELALUI TEKNIK PEMODELAN DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS VII E SMP NEGERI 2 MATESIH TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (74kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (21kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (80kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (45kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (152kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (12kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (11kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah: (1) meningkatkan kualitas proses pembelajaran menulis pengalaman pribadi pada siswa kelas VII E SMP Negeri 2 Matesih, (2) meningkatkan kualitas hasil pembelajaran menulis pengalaman priadi pada siswa kelas VII E SMP Negeri 2 Matesih tahun pelajaran 2010/2011. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan tdua siklus. Setiap siklus dimulai dengan identifikasi permasalahan yang ada di kelas, perencanaan tindakan berupa penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), pelaksanaan tindakan, observasi, analisis dan refleksi untuk tindakan berkutnya. Subjek penelitian ini ialah guru Bahasa Indonesia dan siswa kelas VII E SMP Negeri 2 Matesih. Teknik pengumpulan data diambil dari observasi, teknik tes, catatan lapangan, wawancara, analisis dokumen dan evaluasi sikap. Analisis data penelitian ini dengan cara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan penerapan teknik pemodelan dengan pendekatan kontekstual ini meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran. Hal ini bisa dilihat dari kerja sama, inisiatif, perhatian, dan kerja sistematis siswa. Untuk kerja sama siswa siklus I diproleh hasil dengan prersentase, 24,1% siswa mendapat nilai sedang, 62,1% siswa mendapat nilai baik, naik saat siklus II dengan rincian 10,3% siswa mendapat nilai sedang, dan 89,7% siswa mendapat nilai baik. Nilai inisiatif siswa siklus I, 73,3% siswa mendapat nilai sedang, dan 20,7% siswa mendapat nilai baik, meningkat pada siklus II menjadi 31% siswa mendapat nilai sedang, 65,5% siswa mendapat nilai baik, dan 3,5% siswa mendapat nlai amat baik. Perhatian siswa siklus I, sebanyak 79,3% siswa mendapat nilai sedang, dan 6,9% siswa mendapat nilai baik, sedangkan saat siklus II terdapat 17,2% siswa mendapat nilai sedang, 69% siswa mendapat nilai baik, dan 13,8% siswa mendapat nilai amat baik. Nilai bekerja sistematis pada siklus I sebanyak 27,6% siswa mendapat nilai sedang, dan 55,2% siswa mendapat nilai baik, sedangkan siklus II terdapat 37,9% siswa mendapat nilai sedang, dan 55,2% siswa mendapat nilai baik. Peningkatan kualitas hasil pembelajaran dapat dilihat dari hasil tulisan pengalaman pribadi siswa. Sebelum diterapkan teknik pemodelan dengan pendekatan kontekstual, rata-rata siswa adalah 61,68 sedangkan setelah diadakan tindakan siklus I dan II nilai rata-ratanya meningkat menjadi 65,24 dan 67,31. Pada ketuntasan belajar sebelum diterapkan teknik pemodelan dengan pendekatan kontekstual jumlah siswa yang mencapai KKM (64) sebanyak 11 siswa, dan setelah diadakan tindakan siklus I dan II jumlah siswa yang nilainya mencapai KKM (64) sebanyak 21 dan 24 siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | RAK A310/2011 - 58 |
Uncontrolled Keywords: | Menulis pengalaman pribadi, pemodelan, dan kontekstual |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 17 Nov 2011 10:22 |
Last Modified: | 10 Jan 2012 07:16 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15495 |
Actions (login required)
View Item |