AMBARWATI, LATIFAH (2011) PENGUASAAN BAHASA ANAK USIA PRASEKOLAH (STUDI KASUS DI TAMAN KANAK-KANAK ISLAM BAKTI I SAWAHAN). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (256kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (24kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (64kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (25kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (123kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (8kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (9kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (338kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan : (1) bagaimana penguasaan bahasa anak usia prasekolah (studi kasus di Taman Kanakkanak Islam Bakti I Sawahan), (2) apakah faktor-faktor yang mempengaruhi penguasaan bahasa anak usia prasekolah (studi kasus di Taman Kanak-kanak Islam Bakti I Sawahan). Sejalan dengan tujuan penelitian tersebut, maka metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif, dengan teknik dan instrumen pengumpulan data menggunakan teknik tes lisan (bercerita yang dilakukan anak), rekam, simak dan catat. Analisis data penelitian menggunakan metode agih, yang diwujudkan melalui teknik ganti yaitu teknik analisis data dengan cara mengganti satuan kebahasaan yang lain diluar konstruksi yang bersangkutan. Adapun objek penelitian data dalam penelitian ini yaitu tuturan atau ujaran serta faktor-faktor yang mempengaruhi penguasaan bahasa pada anak usia prasekolah (studi kasus di Taman Kanak-kanak Islam Bakti I Sawahan). Teknik penyajiannya menggunakan metode informal yaitu penyajian hasil analisis data dengan menggunakan kata-kata biasa. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) bahasa yang dikuasai anak di Taman Kanak-kanak Islam Bakti I Sawahan menggunakan bahasa Jawa dan bahasa Indonesia, bentuk penguasaan bahasa anak menggunakan tuturan atau ejaan yang tidak baku atau nonformal, sehingga tidak sesuai dengan tata bahasa Indonesia. Hal tersebut terlihat dari ciri pengklasifikasian, seperti: penguasaan pada kosakata bahasa Jawa dan Indonesia, penguasaan pada bunyi dan huruf vokal, penguasaan pada penggunaan imbuhan (perfiks dan afiks). (2) faktorfaktor yang mempengaruhi penguasaan bahasa anak yaitu faktor lingkungan dan faktor diri sendiri. Faktor lingkungan dibedakan menjadi tiga lingkungan, yaitu: (a) lingkungan keluarga, pemerolehan bahasa dipengaruhi dengan adanya mayoritas keluarga anak yang menggunakan bahasa Jawa, kondisi lingkungan keluarga terutama orang tua yang status pendidikannya minim membuat orang tua dalam mengajari bahasa pada anak cenderung kurang diperhatikan, (b) lingkungan masyarakat, pemerolehan bahasa dipengaruhi dengan kondisi tutur di lingkungan masyarakat anak tersebut yaitu penutur menggunakan bahasa Jawa, bahasa Jawa digunakan untuk berkomunikasi antar warga dalam berbagai aktivitas komunikasi baik formal maupun nonformal, dan (c) lingkungan sekolah, dipengaruhi oleh situasi pada saat berada di kelas ketika proses pembelajaran dimulai, yakni kondisi kelas yang ramai dan gaduh. Faktor diri sendiri adalah faktor yang berasal dari dalam diri anak itu sendiri, faktor ini dipengaruhi oleh cara penguacapan dan sikap anak.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | penguasaan bahasa, tuturan. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 17 Nov 2011 07:01 |
Last Modified: | 17 Nov 2011 07:01 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15483 |
Actions (login required)
View Item |