PRASETYO, NUR ROCHIM (2011) PENGGUNAAN TANDA BACA DALAM PARAGRAF NARASI PADA SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 7 BANYUDONO, BOYOLALI TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (98kB) |
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Restricted to Repository staff only Download (27kB) |
||
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (42kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (17kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (115kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (13kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (8kB) |
|
PDF (Lampiran)
HALAMAN_DEPAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (98kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi objektif tentang penggunaan tanda baca titik (.) dalam paragraf narasi pada siswa kelas VII B SMP Muhammadiyah 7 Banyudono, penggunaan tanda baca koma (,) dalam paragraf narasi pada siswa kelas VII B SMP Muhammadiyah 7 Banyudono, dan penggunaan tanda baca hubung (-) dalam paragraf narasi pada siswa kelas VII B SMP Muhammadiyah 7 Banyudono. Bentuk penelitian ini adalah kualitatif yang bersifat deskriptif, sedangakn jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini adalah karangan narasi siswa. Sumber data penelitian ini adalah siswa kelas VII B SMP Muhammadiyah 7 Banyudono. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi atau pengamatan, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik padan dengan daya pilah sebagai pembeda larik tulisan. Hasil penelitian ini adalah: (1) Penggunaan tanda baca titik dalam paragraf narasi siswa masih kurang tepat dan masih terdapat kesalahan dalam penggunaannya; (2) Penggunaan tanda baca koma pada siswa dalam paragraf narasi siswa masih sangat kurang, karena masih banyak terjadi kesalahan dalam penggunaannya; (3) Penggunaan tanda baca hubung pada paragraf narasi siswa sudah cukup baik.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Tanda Baca |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 17 Nov 2011 06:52 |
Last Modified: | 17 Nov 2011 06:52 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15482 |
Actions (login required)
View Item |