RUSDIANINGSIH, SISKA (2011) PENGARUH KOMUNIKASI ANTAR PERSONAL DAN PERSEPSI SISWA TENTANG KOMPETENSI GURU AKUNTANSI TERHADAP PRESTASI BELAJAR DI SMA PPMI ASSALAM (SBI) SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (83kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (29kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (55kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (57kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (86kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (17kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (9kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (325kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh komunikasi antar personal terhadap prestasi belajar di SMA PPMI Assalam (SBI) Sukoharjo. (2) pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi guru akuntansi terhadap prestasi belajar di SMA PPMI Assalam (SBI) Sukoharjo. (3) pengaruh komunikasi antar personal dan persepsi siswa tentang kompetensi guru akuntansi terhadap prestasi belajar di SMA PPMI Assalam (SBI) Sukoharjo. Jenis penelitian menggunakan metode kuantitatif yang membahas pengaruh antara variabel komunikasi antar personal dan persepsi siswa terhadap kompetensi guru akuntansi dengan prestasi belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X di SMA PPMI Assalam (SBI) Sukoharjo berjumlah 150 siswa. Pengambilan sampel menggunakan metode random sampling. Metode analisis data menggunakan regresi ganda melalui uji asumsi klasik uji normalitas dan linearitas. Selanjutnya untuk menguji hipotesis menggunakan uji t dan uji F. Kesimpulan penelitian yaitu: (1) Komunikasi antar personal berpengaruh positif terhadap prestasi belajar. Hal ini ditunjukkan dar hasil thitung sebesar 2.462 dan ttabel 1,676 (thitung � ttabel) sehingga Ho ditolak dan terlihat signifikan t sebesar 0,002 (sig n t < 0,05). (2) Persepsi siswa tentang kompetensi guru berpengaruh positif terhadap prestasi belajar. Hal ini ditunjukkan dari thitung sebesar 7,592 atau ttabel sebesar 1,676 (thitung � ttabel) sehingga Ho ditolak dan terlihat signifikan t sebesar 0,003 (sig n t < 0,05). (3) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara komunikasi antar personal dan persepsi siswa tentang kompetensi guru dengan prestasi belajar secara bersama-sama atau simultan terhadap pretasi belajar (Y). Hal ini ditunjukkan dari Fhitung sebesar 32.067 dan Ftabel sebesar 1,53 (Fhitung � Ftabel) sehingga Ho ditolak dan terlihat signifikan t sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05. Variasi perubahan variabel independen dapat dijelaskan melalui komunikasi antar personal dan persepsi siswa tentang kompetensi guru akuntansi sebesar 85%. Sedangkan sisanya 15% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Komunikasi Antar Personal, Persepsi Siswa Terhadap Kompetensi Guru Akuntansi, Prestasi Belajar. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 16 Nov 2011 09:03 |
Last Modified: | 16 Nov 2011 09:03 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15466 |
Actions (login required)
View Item |