NUGRAHANTO, AGUNG (2011) PENINGKATAN HASIL PEMBELAJARAN EKONOMI DENGAN MENERAPKAN METODE DEMONSTRASI PADA PESERTA DIDIK KELAS X 4 SMA NEGERI 6 SURAKARTA TAHUN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman depan)
02_._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (111kB) |
|
|
PDF (Bab I)
03_._BAB_I.pdf Download (21kB) |
|
PDF (Bab II)
04_._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (153kB) |
||
PDF (Bab III)
05_._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (30kB) |
||
PDF (Bab IV)
06_._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (810kB) |
||
PDF (Bab V)
07_._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (16kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08_._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (7kB) |
|
PDF (Lampiran)
09_._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar ekonomi dengan penerapan metode demonstrasi pada peserta didik kelas X 4 SMA N 6 Surakarta tahun ajaran 2010/2011. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dimana masing-masing siklus dilalui dengan empat tahapan, yaitu: (1) perencanaan tindakan; (2) pelaksanaan tindakan; (3) observasi; dan (4) refleksi tindakan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X 4 SMA N 6 Surakarta yang berjumlah 35 siswa. Objek penelitian pada penelitian tindakan ini adalah berbagai kegiatan yang terjadi di dalam kelas selama berlangsungnya proses pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan secara kolaborasi bersama guru mata pelajaran ekonomi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Hasil penelitian ini yaitu penerapan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas X 4 SMA N 6 Surakarta tahun ajaran 2010/2011. Hal tersebut didukung oleh fakta-fakta sebagai berikut: (1) Keaktifan siswa dalam mengajukan pertanyaan atau ide dalam diskusi kelas menunjukkan peningkatan dari 45,45% atau 10 siswa pada siklus I menjadi 73,26% atau 21 siswa pada siklus II; (2) Keaktifan siswa dalam menjawab pertanyaan dalam diskusi kelas dan demonstrasi menunjukkan peningkatan dari 51,43% atau 12 siswa pada siklus I menjadi 75,82% atau 23 siswa pada siklus II; (3) Dalam kelompok , interaksi antar siswa juga menunjukkan peningkatan dari 13 siswa pada siklus I menjadi 24 siswa pada siklus II; (4) Adanya peningkatan pencapaian hasil belajar siswa dari 54,29% pada saat pra kondisi menjadi 74,29% atau 26 siswa pada siklus I dan menjadi 91,43% atau 32 siswa pada siklus II.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | metode demonstrasi , hasil belajar, ekonomi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 16 Nov 2011 06:37 |
Last Modified: | 16 Nov 2011 06:37 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15464 |
Actions (login required)
View Item |