Warsana, Warsana (2011) PENGELOLAAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI MTs NEGERI TANON KABUPATEN SRAGEN. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
depan_TESIS.pdf Download (118kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (32kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (82kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (46kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (244kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (84kB) |
||
PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (22kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (35kB) |
Abstract
Tujuan umum penelitian ini adalah mengetahui karakteristik pengelolaan pembelajaran matematika di MTs Negeri Tanon, yang dijabarkan pada tujuan khusus yaitu : 1. mendeskripsikan karakteristik pengelolaan ruang pembelajaran matematika di MTs Negeri Tanon; 2. mendeskripsikan karakteristik pengelolaan materi pembelajaran matematika di MTs Negeri Tanon; 3. mendeskripsikan karakteristik pengelolaan interaksi dalam pembelajaran matematika di MTs Negeri Tanon Sejalan dengan tujuannya, penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan rancangan etnografi. Data dikumpulkan melalui instrumen berbentuk observasi, dokumentasi; wawancara. Data dianalisis dengan menggunakan metode analisis kualitatif model interaktif. Hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan karakteristik pengelolaan ruang pembelajaran matematika di MTs Negeri Tanon . Kelas yang nyaman dan menyenangkan merupakan suatu suasana kelas yang ideal dalam pembelajaran karena kelas merupakan taman belajar bagi siswa dan menjadi tempat mereka tumbuh dan berkembang baik secara fisik, intelektual dan emosional. Penyusunan ruang kelas memungkinkan siswa duduk dan guru bergerak secara leluasa dan dapat mendukung tercapainya tujuan pembelajaran matematika. Karakteristik pengelolaan materi dan strategi pembelajaran matematika di MTs Negeri Tanon Pembelajaran matematika bagi siswa-siswa di tingkat dasar maupun tingkat menengah merupakan pelajaran yang dipandang sulit dan tidak disenangi oleh sebagian besar siswa. Agar berhasil dalam proses penyampaian materi matematika pada anak perlu adanya strategi pembelajaran matematika yang tepat yakni pembelajaran aktif. Karakteristik pengelolaan interaksi dalam pembelajaran matematika di MTs Negeri Tanon Siswa dalam kelas dapat dianggap sebagai individu dalam masyarakat kecil yaitu kelas dan sekolah. Mereka harus tahu hak-haknya sebagi bagian dari satu kesatuan masyarakat disamping mereka juga harus tahu kewajibannya dan keharusannya menghormati hak-hak orang lain yaitu teman-teman sekelasnya. Siswa harus sadar bahwa kalau mereka menganggu temannya yang sedang belajar berarti tidak melaksanakan kewajiban sebagai suatu anggota masyarakat kelas dan tidak menghormati hak siswa lain untuk mendapatkan manfaat yang sebesar-besarnya dari kegiatan belajar dan mengajar matematika.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengelolaan; pembelajaran, matematika, sekolah agama |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 14 Nov 2011 07:12 |
Last Modified: | 14 Nov 2011 07:12 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15423 |
Actions (login required)
View Item |