PURWANTO, PANUT DWI (2007) PERBANDINGAN SISTEM KENDALI PID DAN LOGIKA FUZZY DALAM PENGENDALIAN KECEPATAN MOTOR DC MENGGUNAKAN REAL TIME WINDOWS TARGET MATLAB 6.5. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf Download (25kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (12kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (440kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (172kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (5kB) |
||
|
PDF (Daftar Pusat)
daftar_pustaka.pdf Download (7kB) |
Abstract
Suatu sistem kendali motor DC yang baik harus mempunyai ketahanan terhadap gangguan yang baik dan mempunyai respon yang cepat dan akurat. Saat ini, sistem kontrol yang sering dipakai ada dua, yaitu sistem kendali PID dan sistem kendali Fuzzy. Sistem kendali PID tersusun dari kendali Proporsional, Integral dan Diferensial. Sedangkan sistem kendali Fuzzy menerapkan suatu sistem kemampuan berpikir manusia untuk mengendalikan sesuatu, yaitu dengan bentuk aturan If – Then ( jika-maka ). Dalam penelitian ini, diteliti bagaimanakah perbandingan kinerja kedua sistem tersebut dalam pengendalian kecepatan motor DC dengan berbasis pada fasilitas Real Time Windows Target pada software Matlab 6.5 release 13. Metode penentuan kombinasi masing-masing kendali adalah try and error. Parameter-parameter yang akan diamati antara lain risetime, setting time, overshoot, recovery time, dan steady state error. Hasil pengamatan dengan membatasi pembahasan pembicaraan ada setting kendali PID, Kp : 1 ; Ki : 1,85 dan Kd : 0,0008 serta penggunaan kendali logika fuzzy dengan dua buah input dan satu buah output dimana masing-masing terdiri atas tujuh buah membership function menunjukkan kendali PID unggul pada peredaman overshoot, sedangkan kendali fuzzy unggul pada kecepatan rise time, kecapatan setting time, kecepatan recovery time, dan peredaman steady state error.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PID, Fuzzy, Motor DC, risetime, setling time, overshoot, recovery time, steady state error, real time windows target. |
Subjects: | T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Elektro |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 02 Nov 2011 10:13 |
Last Modified: | 02 Nov 2011 10:13 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15327 |
Actions (login required)
View Item |