PERBANDINGAN SISTEM KENDALI PID DAN LOGIKA FUZZY DALAM PENGENDALIAN KECEPATAN MOTOR DC MENGGUNAKAN REAL TIME WINDOWS TARGET MATLAB 6.5

PURWANTO, PANUT DWI (2007) PERBANDINGAN SISTEM KENDALI PID DAN LOGIKA FUZZY DALAM PENGENDALIAN KECEPATAN MOTOR DC MENGGUNAKAN REAL TIME WINDOWS TARGET MATLAB 6.5. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (25kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (440kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (172kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pusat)
daftar_pustaka.pdf

Download (7kB)

Abstract

Suatu sistem kendali motor DC yang baik harus mempunyai ketahanan terhadap gangguan yang baik dan mempunyai respon yang cepat dan akurat. Saat ini, sistem kontrol yang sering dipakai ada dua, yaitu sistem kendali PID dan sistem kendali Fuzzy. Sistem kendali PID tersusun dari kendali Proporsional, Integral dan Diferensial. Sedangkan sistem kendali Fuzzy menerapkan suatu sistem kemampuan berpikir manusia untuk mengendalikan sesuatu, yaitu dengan bentuk aturan If – Then ( jika-maka ). Dalam penelitian ini, diteliti bagaimanakah perbandingan kinerja kedua sistem tersebut dalam pengendalian kecepatan motor DC dengan berbasis pada fasilitas Real Time Windows Target pada software Matlab 6.5 release 13. Metode penentuan kombinasi masing-masing kendali adalah try and error. Parameter-parameter yang akan diamati antara lain risetime, setting time, overshoot, recovery time, dan steady state error. Hasil pengamatan dengan membatasi pembahasan pembicaraan ada setting kendali PID, Kp : 1 ; Ki : 1,85 dan Kd : 0,0008 serta penggunaan kendali logika fuzzy dengan dua buah input dan satu buah output dimana masing-masing terdiri atas tujuh buah membership function menunjukkan kendali PID unggul pada peredaman overshoot, sedangkan kendali fuzzy unggul pada kecepatan rise time, kecapatan setting time, kecepatan recovery time, dan peredaman steady state error.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PID, Fuzzy, Motor DC, risetime, setling time, overshoot, recovery time, steady state error, real time windows target.
Subjects: T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 02 Nov 2011 10:13
Last Modified: 02 Nov 2011 10:13
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15327

Actions (login required)

View Item View Item