Suripna, Suripna (2011) PENGELOLAAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI BERBASIS MUTU (Studi Situs SMK Negeri 4 Klaten). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (143kB) |
|
|
PDF (bab.1)
BAB_I.pdf Download (121kB) |
|
|
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (15kB) |
|
|
PDF (lampiran)
LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
|
|
PDF (pernyataan)
SURAT_PERNYATAAN_PUBLIKASI_KARYA_ILMIAH.pdf Download (5kB) |
|
PDF (bab.2)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (156kB) |
||
PDF (bab.3)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (142kB) |
||
PDF (bab.4)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (371kB) |
||
PDF (bab.5)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (239kB) |
||
PDF (bab.6)
BAB_VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (93kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan cirri-ciri pengelolaan praktek kerja industry yang efektif di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 4 Klaten. Pendekatan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan metode etnografi. Metode pengumpulan data adalah wawancara mendalam, pengamatan berpartisipasi dan study dokumentasi,selanjutnya teknik analisa data adalah reduksi data, dan koleksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ciri-ciri penempatan pelaksanaan praktek kerja industri berbasis mutu menitik-beratkan pada keadaan unsur-unsur pendukung penyelenggaraan Prakerin: (a) Penempatan praktek kerja industri: permohonan tempat praktek kerja industri lebih awal, jumlah tempat praktek kerja industri disesuaikan dengan jumlah peserta, penentuan tempat disesuaikan dengan kompetensinya, pelaksanaan praktek kerja industri selama tiga bulan; (b) Keberadaan siswa-siswi selama Prakerin: Disiplin bekerja, memiliki motivasi dan kemauan keras, kurang memiliki inisiatif dan kreatifitas, memiliki perilaku sopan santun, kurang mampu berkomunikasi; (c) Peran instruktur selama Prakerin: Mengenalkan tugas siswa, menegur siswa dalam laporan tertulis, memberikan penilaian, tidak mengajarkan keterampilan khusus, tidak terbuka kepada siswa praktek untuk bertanya, sering bersikap layaknya atasana bukan sebagai rekan kerja; (d) Peran pembimbing selam Prakerin; Datang dan melakukan monitoring kegiatan siswa sebulan sekali, menolong siswa mengatasi kesulitan, komunikasi dengan instruktur dan pimpinan DU/DI/DK tentang kinerja siswa; (e) Hasil Prakerin siswa: Siswa mengenal suasana kerja yang sesungguhnya, siswa memiliki pengalaman kerja yang diperlukan untuk masuk dunia kerja, siswa mengalami peningkatan wawasan dan keterampilan kerja, siswa Program Keahlian Akuntansi mendapatkan pengalaman administrasi kantor. (2) ciri-ciri organisasi pengelolaan praktek kerja industri (Prakerin) berbasis mutu menituik beratkan pada keadaan sumber daya pengelola praktek kerja industri (Prakerin): Pengurus organisasi adalah orang-orang yang berdedikasi, struktur organisasi dalam keadaan efektif dan efisien, koordinasi antara pengurus terjalin baik, rapat koordinasi dilakukan dnegan frekuensi yang terbatas. (3) Ciri-ciri hubungan kerja praktek kerja industri (Prakerin) berbasis mutu menitik-beratkan pada kemitraan yang dijalin sekolah dalam penyelenggaraan Prakerin: Ada DU/DI/DK dalam jumlah mencukupi di Klaten untuk menjadi institusi pasangan, hubungan antara sekolah dan DU/DI/DK didasari perjanjian kerja sama yang diperkuat oleh materai dan ditanda tangani oleh kedua belah pihak, ada kerja sama dengan DI/DI/DK yang tidak didasari oleh perjanjian kerja sama, tidak ada kontrak kerja antara DU/DI/DK dan sekolah tentang kesempatan kerja bagi siswa yang telah tamat sekolah. Hubungan sekolah dengan majelis sekolah sebagai penghubung dengan institusi pasangan, hubungan sekolah dengan siswa mencarikan tempat praktek kerja industri, memberi pembekalan, monitoring dan membimbing siswa dan mengadakan evaluasi.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengelolaan, Praktek Kerja Industri (Prakerin). |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Edy Susilo |
Date Deposited: | 20 Oct 2011 10:20 |
Last Modified: | 20 Oct 2011 11:02 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15179 |
Actions (login required)
View Item |