Wibowo, Muladi (2011) PENGELOLAAN MUTU PENDIDIKAN RSBI ( STUDI SITUS DI SMA N I KOTA SURAKARTA). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (450kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (57kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (59kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (54kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (446kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (85kB) |
||
PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (20kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (23kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) karakteristik pengelolaan RSBI Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri I Kota Surakarta (2) karakteristik struktur dan tugas organisasi penjaminan mutu Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri I Kota Surakarta. (3) karakteristik hubungan kerja organisasi penjamjinan mutu Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri I Kota Surakarta. (4) karakteristik aktifitas organisasi penjaminan mutu Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri I Kota Surakarta. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dan menggunakan desain etnografi. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN I Kota Surakarta. Subjek utama penelitian ini adalah pengelola organisasi penjaminan mutu dan pengajar di lingkungan SMAN 1 Kota Surakarta. Informan kunci adalah Kepala Sekolah dan Ketua QMR. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis dalam situs dan analisis lintas situs dan data tertata serta data tidak tertata. Uji keabsahan data menggunakan kredibilitas, transferabilitas, konfirmabilitas dan dependabilitas. Hasil penelitian ini adalah; 1) Pengelolaan manajemen mutu di SMAN I Kota Surakarta dalam meraih keunggulan kempetitif SMAN I Kota Surakarta diarahkan pada upaya untuk meraih status sekolah berkualitas dan menjadi sekolah bertaraf internasional (SBI). SMAN I Kota Surakarta telah memenuhi kualifikasi dari 12 standar mutu SBI, 2). Struktur organisasi penjaminan mutu sekolah terdiri atas Kepala sekolah, QMR dan staf QMR (DQMR dan Pelaksana) telah mampu menjalankan peran dan fungsinya dengan baik. QMR memiliki tugas mengkoordinasikan pelaksanaan SMM ISO 9001:2008 yang bertanggung jawab kepada Kepala Sekolah. Pelaksana QMR mampu menjalankan tugas dan tanggung jawabnya dengan baik, sehingga terjadi peningkatan mutu sekolah dari waktu kewaktu, 3). Oganisasi penjaminan mutu sekolah dengan kepala sekolah membangun pola hubungan komunikasi dengan baik dan efektif. Karakteristik komunikasi meliputi komunikasi formal dan komunikasi informal dalam hubungan personal maupun kerja. Karakter hubungan kerja profesionalisme atas dasar struktur dan tugas yang menjunjung tinggi nilai kekeluargaan sehingga menumbuhkan kebersamaan dan meningkatkan harmonisasi kerja organisasi. Harmonisasi hubungan kerja akan membawa efektitas dalam pencapaian tujuan bersama dalam pengelolaan mutu sekolah, 4).Aktifitas organisasi penjaminan mutu sekolah di SMA N I Kota Surakarta telah terprogram, terukur dan memiliki indikator yang jelas sehingga mampu mengembangkan konsep dasar TQM suntuk selalu mengembangkan perbaikan terus menerus sehingga menumbuhkan prestasi yang baik. Karakter aktifitas organisasi penjaminan mutu sesuai dengan manual mutu dalam SMM ISO 9001:2008.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Additional Information: | RAK Q100/2011-006 |
Uncontrolled Keywords: | mutu, struktur, organisasi penjaminan mutu, hubungan kerja, aktivitas |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 17 Oct 2011 08:31 |
Last Modified: | 14 Nov 2011 05:39 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15129 |
Actions (login required)
View Item |