EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF METODE GROUP INVESTIGATION PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 KLATEN

SUNARWAN, SUNARWAN (2011) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF METODE GROUP INVESTIGATION PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 KLATEN. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Judul.pdf

Download (315kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (90kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (184kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (124kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (234kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (70kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (84kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (458kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis (1) Adanya perbedaan antara model pembelajaran kooperatif metode group investigasi dan model pembelajaran konvensional terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas XI IPS SMA Negeri 1 Klaten. (2) Adanya perbedaan antara motivasi belajar siswa tinggi dan motivasi belajar siswa rendah terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas XI IPS SMA Negeri 1 Klaten. (3) Adanya interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas XI IPS SMA Negeri 1 Klaten. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 1 Klaten. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Klaten yang berjumlah 56 siswa. Sampel yang diambil sebanyak 56 siswa dengan menggunakan metode cluster sampling. Teknik analisis data menggunakan anava 2 jalan (two way analysis of variance) dan uji prasyarat (uji normalitas dan uji homogenitas). Hasil penelitian ini adalah (1) Terdapat perbedaan pengaruh model pembelajaran kooperatif metode group investigation dengan konvensional terhadap prestasi belajar siswa di SMA Negeri 1 Klaten, dengan demikian hipotesis yang menyatakan “Terdapat perbedaan antara model pembelajaran kooperatif metode group investigation dan model pembelajaran konvensional terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas XI IPS SMA Negeri 1 Klaten”, terbukti kebenarannya. (2) Terdapat perbedaan pengaruh siswa dengan belajar efektif dengan belajar tidak efektif terhadap prestasi belajar siswa di SMA Negeri 1 Klaten, dengan demikiah hipoteis yang menyatakan “Terdapat perbedaan antara siswa yang efektif dan siswa yang tidak efektif terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas XI IPS SMA Negeri 1 Klaten”, terbukti kebenarannya. (3) Terdapat interaksi atau joint effect antara model pembelajaran dan efektivitas belajar terhadap prestasi belajar siswa di SMA Negeri 1 Klaten, dengan demikian hipotesis yang menyatakan: “Terdapat interaksi antara model pembelajaran dan efektivitas terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas XI IPS SMA Negeri 1 Klaten”, terbukti kebenarannya.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: metode group investigation, konvensional, motivasi belajar, dan prestasi belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 15 Oct 2011 05:26
Last Modified: 15 Oct 2011 05:26
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15116

Actions (login required)

View Item View Item