SUNARWAN, SUNARWAN (2011) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF METODE GROUP INVESTIGATION PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 KLATEN. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
Judul.pdf Download (315kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (90kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (184kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (124kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (234kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (70kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (84kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (458kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis (1) Adanya perbedaan antara model pembelajaran kooperatif metode group investigasi dan model pembelajaran konvensional terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas XI IPS SMA Negeri 1 Klaten. (2) Adanya perbedaan antara motivasi belajar siswa tinggi dan motivasi belajar siswa rendah terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas XI IPS SMA Negeri 1 Klaten. (3) Adanya interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas XI IPS SMA Negeri 1 Klaten. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 1 Klaten. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Klaten yang berjumlah 56 siswa. Sampel yang diambil sebanyak 56 siswa dengan menggunakan metode cluster sampling. Teknik analisis data menggunakan anava 2 jalan (two way analysis of variance) dan uji prasyarat (uji normalitas dan uji homogenitas). Hasil penelitian ini adalah (1) Terdapat perbedaan pengaruh model pembelajaran kooperatif metode group investigation dengan konvensional terhadap prestasi belajar siswa di SMA Negeri 1 Klaten, dengan demikian hipotesis yang menyatakan “Terdapat perbedaan antara model pembelajaran kooperatif metode group investigation dan model pembelajaran konvensional terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas XI IPS SMA Negeri 1 Klaten”, terbukti kebenarannya. (2) Terdapat perbedaan pengaruh siswa dengan belajar efektif dengan belajar tidak efektif terhadap prestasi belajar siswa di SMA Negeri 1 Klaten, dengan demikiah hipoteis yang menyatakan “Terdapat perbedaan antara siswa yang efektif dan siswa yang tidak efektif terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas XI IPS SMA Negeri 1 Klaten”, terbukti kebenarannya. (3) Terdapat interaksi atau joint effect antara model pembelajaran dan efektivitas belajar terhadap prestasi belajar siswa di SMA Negeri 1 Klaten, dengan demikian hipotesis yang menyatakan: “Terdapat interaksi antara model pembelajaran dan efektivitas terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas XI IPS SMA Negeri 1 Klaten”, terbukti kebenarannya.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | metode group investigation, konvensional, motivasi belajar, dan prestasi belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 15 Oct 2011 05:26 |
Last Modified: | 15 Oct 2011 05:26 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15116 |
Actions (login required)
View Item |