IRIYANTI , LISA INDAH (2011) PENINGKATAN KEMAMPUAN MERINGKAS TEKS BERITA DARI MEDIA KORAN DENGAN METODE COOPERATIVE SCRIPT (CS) PADA SISWA KELAS VIII MTs. MA’ARIF KARANGGEDE BOYOLALI TAHUN AJARAN 2010/ 2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman depan)
Halaman_Pengesahan.pdf Download (315kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (60kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (104kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (71kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (529kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (84kB) |
||
|
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (38kB) |
|
PDF (Lampiran)
lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Peningkatan Kemampuan Meringkas Teks Berita dari Media Koran dengan Metode Cooperative Script (CS) pada Siswa Kelas VIII MTs. Ma’arif Karanggede Boyolali Tahun Ajaran 2010/2011 Lisa Indah Iriyanti, A 310 070 084. Progam Studi Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah . Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Surakarta. 2011, 83 halaman. Penelitian ini secara umum bertujuan untuk meningkatkan kemampuan meringkas teks berita pada siswa kelas VIII MTs. Ma’arif Karanggede Boyolali Tahun Ajaran 2010/2011, secara khusus untuk mengetahui peningkatan meringkas teks berita, mengetahui motivasi belajar, mengetahui persepsi dan tanggapan siswa kelas VIII MTs. Ma’arif Karanggede Boyolali Tahun Ajaran 2010/2011 setelah mengikuti pembelajaran menulis teks berita melalui metode CS . Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Sasaran penelitian ini adalah meningkatnya kemampuan siswa kelas VIII MTs Ma’arif Karanggede Boyolali setelah meringkas teks berita melalui metode CS. Sumber data penelitian ini adalah aktivitas siswa kelas VIII MTs. Ma’arif Karanggede Boyolali saat pembelajaran meringkas teks berita melalui metode CS, guru mata pelajaran Bahasa Indonesia dan peneliti.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi atau pengamatan, wawancara, teknik tes atau pemberian tugas, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik analisis kritis. Hasil nilai pada prasiklus yang sudah mencapai kriteria ketuntasan minimal sebanyak 31 siswa, mengalami peningkatan pada siklus I sebanyak 35 siswa, dan pada siklus II sebagian besar siswa mampu mendapatkan nilai ketuntasan minimal kecuali 1 siswa. Pada hasil nilai rata-rata kelas dimana pada prasiklus sebesar 60,59 mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 62,69 dan pada siklus II sebesar 64,97.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Teks Berita, Motivasi belajar, Metode Cooperative Script (CS), Siklus. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | Users 13 not found. |
Date Deposited: | 13 Oct 2011 09:44 |
Last Modified: | 13 Oct 2011 09:44 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15091 |
Actions (login required)
View Item |