WALUYO, SRI (2011) HUBUNGAN MOTIVASI OLAHRAGA, MINAT BELAJAR DAN CARA MENGAJAR DI SEKOLAH DENGAN PRESTASI BELAJAR OLAHRAGA SISWA SMP. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (53kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (26kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (108kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (27kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (95kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (7kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (12kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (72kB) |
Abstract
Latar belakang: berdasarkan survei menunjukkan bahwa nilai rata-rata prestasi belajar siswa kelas 2 SMP Negeri 2 Mojosongo Boyolali semester genap pada mata pelajaran olahraga sebesar 66 termasuk kategori cukup dan sudah memenuhi Kriteria Ketentuan Minimal (KKM) yaitu 70, namun prestasi belajar olahraga tersebut masih dinilai kurang memenuhi target yang ditetapkan sekolah yaitu minimal 75. Hal ini terjadi mungkin karena siswa kurang mempunyai minat dan motivasi belajar dalam pembelajaran olahraga. Dengan demikian, hal ini juga berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Tujuan penelitian: menganalisis hubungan antara motivasi olahraga, minat belajar, dan cara mengajar di sekolah dengan prestasi belajar olahraga siswa di SMP Negeri 2 Mojosongo Boyolali. Metode Penelitian: penelitian ini menggunakan desain penelitian penjelasan atau explanatory research. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 2 Mojosongo Boyolali. Jumlah sampel 216 siswa SMP, dengan menggunakan teknik stratified random sampling. Variabel bebas adalah motivasi olahraga, minat belajar, dan cara mengajar, sedangkan variabel terikatnya prestasi belajar. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan data sekunder yang ada di SMP. Analisis data menggunakan uji normalitas, uji linearitas dan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian: menunjukkan bahwa ada hubungan positif antara motivasi olahraga, minat belajar, dan cara mengajar dengan prestasi belajar secara sangat signifikan, dengan nilai determinasi (R) sebesar 0, 849. Sumbangan efektif variabel motivasi olahraga, minat belajar, dan cara mengajar dengan prestasi belajar sebesar 72,1% yang ditunjukkan oleh koefisien determinan (r2) sebesar 0,721. Sumbangan paling besar terhadap prestasi belajar yaitu minat belajar, sebesar 0,324 poin, sedangkan sumbangan paling kecil terhadap prestasi belajar yaitu motivasi, sebesar 0,177 poin Kesimpulan: ada hubungan positif antara motivasi olahraga, minat belajar, dan cara mengajar dengan prestasi belajar siswa di SMP Negeri 2 Mojosongo Boyolali secara sangat signifikan.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | RAK S300/2011-01 |
Uncontrolled Keywords: | Motivasi Olahraga, Minat Belajar, Cara Mengajar, Prestasi Belajar. |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Sains Psikologi |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 13 Oct 2011 06:24 |
Last Modified: | 14 Nov 2011 06:08 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15087 |
Actions (login required)
View Item |