Rochati, Sri (2011) PROGRAM KEGIATAN OUT BOUND BINA EMPATI SEBAGAI ALTERNATIF STIMULASI KECERDASAN INTERPERSONAL ANAK KELOMPOK BERMAIN. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
2._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (81kB) |
|
|
PDF (Bab I)
3._BAB_1.PDF Download (74kB) |
|
PDF (Bab II)
4._BAB_2.pdf Restricted to Repository staff only Download (149kB) |
||
PDF (Bab III)
5._BAB_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (125kB) |
||
PDF (Bab IV)
6._BAB_4.pdf Restricted to Repository staff only Download (136kB) |
||
PDF (Bab V)
7._BAB_5.pdf Restricted to Repository staff only Download (14kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (65kB) |
|
PDF (Lampiran)
9._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (474kB) |
Abstract
Setiap anak berhak memperoleh pendidikan dan pengajaran dalam rangka pengembangan pribadi dan tingkat kecerdasannya. Kelompok Bermain merupakan lembaga bagi anak yang berusia antara 2 sampai 4 tahun untuk mendapatkan hak anak dalam mengembangkan potensi diri.Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui efektifitas modul pelatihan Out Bound Bina Empati terhadap kecerdasan interpersonal anak. Metode pembelajaran yang digunakan untuk memberikan stimulasi terhadap kecerdasan interpersonal adalah Out Bound Bina Empati dengan kegiatan- kegiatan bermain. Partisipan penelitian dalam kegiatan Out Bound Bina Empati, adalah anak Kelompok Bermain, yaitu anak yang berusia antara 2 sampai 4 tahun, terdiri dari anak laki-laki dan perempuan. Hipotesis yang diajukan adalah: Kecerdasan interpersonal anak setelah mengikuti out bound bina empati lebih tinggi daripada sebelum mengikuti out bound bina empati. Alat ukur yang digunakan adalah skala kecerdasan interpersonal. Analisis data menggunakan statistik uji-t. Hasil secara deskriptif menunjukkan bahwa, dari 18 partisipan sebelum diberi perlakuan, terdapat 7 partisipan atau 38,9 %, yang memiliki kecerdasan interpersonal pada kategori di bawah rata-rata. Setelah ke 18 partisipan diberi perlakuan hasilnya menunjukkan bahwa partisipan yang masih berada pada level dibawah rata-rata tinggal 1 anak atau 5,6 %. Hasil analisis statistik dengan uji-t menunjukkan rerata hasil pre test adalah 41,42 sedangkan rerata untuk hasil post test adalah 51,39, t = -6,905 dengan p = 0,000 (p < 0,05) yang berarti ada perbedaan yang signifikan antara rerata kecerdasan interpersonal sebelum dan sesudah partisipan diberi perlakuan.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Additional Information: | RAK T100/2011-02 |
Uncontrolled Keywords: | anak usia 2-4 tahun, out bound, kecerdasan interpersonal |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Magister Profesi Psikologi |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 13 Oct 2011 06:06 |
Last Modified: | 14 Nov 2011 06:01 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15086 |
Actions (login required)
View Item |