Sukandar, Sukandar (2011) KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH DASAR NEGERI DUREN 01 DESA DUREN KECAMATAN TENGARAN KABUPATEN SEMARANG. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
atribut.pdf Download (198kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (51kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (113kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (63kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (126kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (58kB) |
||
PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (52kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (38kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah 1). Mendeskripsikan ciri-ciri gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam melakukun pembaharuan di SD Negeri Duren 01 Kecamatan Tengaran Kabupaten Semarang. 2) Mengetahui ciri-ciri kepala sekolah memotivasi tenaga pendidik dan tenaga kependidikan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif ,dengan mengambil lokasi di SD Negeri Duren 01 Kecamatan Ttengaran Kabupaten Semarang ,Strategi penelitian ini adalah Etnografi Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan wawancara mendalam, observasi ,dokumentasi. Tehnik Analisa dalam penelitian ini menggunakan tehnik analisis interaksi tiga komponen yang terdiri atas tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian ini sebagai berikut : 1) Gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam melakukan perubahan di SDN Duren 01 dilakukan dengan melakukan identifikasi perubahan itu sendiri dengan memperhatikan perkembangan IPTEK. Identifikasi perubahan tersebut meliputi kepala sekolah bertindak sebagai agen pembaharu yang meminta semua seluruh warga sekolah termasuk komite sekolah menyusun rencana strategis SDN Duren 01. Rencana yang telah dibuat direalisasikan dengan pembagian tugas kepada guru dan karyawan di SDN Duren 01. Perubahan yang telah dilakukan dimonitoring oleh kepala sekolah, agar berjalan dengan lancar dan menciptakan sekolah yang dapat mengikuti perubahan IPTEK. 2) Cara Kepala SDN Duren 01 dalam memotivasi guru adalah dengan memberikan morivasi baik berupa tingkah laku atau bukti yang nyata. Cara-cara tersebut adalah pengaturan lingkungan fisik seperti perpustakaan, ruang kelas maupun laboratorium; mengatur rencana kerja yang memperhatikan kemampuan guru, menanamkan sikap disiplin baik disiplin waktu, maupun disiplin dalam melaksanakan tugas mengajar; memberikan dorongan seperti menyediakan fasilitas sekolah, menanamkan rasa kekeluargaan diantara guru SDN Duren 01; serta memberikan penghargaan kepada guru yang berprsetasi dan memberikan hukuman yang melakukan kesalahan.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kepemimpinan transformasional, agen pembaharu, motivasi |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 12 Oct 2011 06:25 |
Last Modified: | 12 Oct 2011 06:25 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15075 |
Actions (login required)
View Item |