HARYANTI, ELVI (2011) PEMASARAN PENDIDIKAN DI PERGURUAN TINGGI SWASTA ( Studi Sites Universitas Islam Batik Surakarta ). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
Judul.pdf Download (80kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (56kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (90kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (54kB) |
||
PDF (Bab IV)
bab_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (188kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (55kB) |
||
PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (24kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf Download (30kB) |
|
PDF (Lampiran)
lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (37MB) |
Abstract
Persaingan di dunia pendidikan terutama pada Perguruan Tinggi swasta sangat berat, maka perlu dipasarkan melalui pemasaran yang tepat. Di kalangan masyarakat pengguna jasa pendidikan di Indonesia, masih banyak orang awam yang salah mengartikan istilah pemasaran pendidikan, oleh karena itu perlu di kembangkan mengenai pemasaran pendidikan, khususnya di perguruan tinggi swasta. Fokus Penelitian ini adalah Pemasaran Pendidikan di Perguruan Tinggi Swasta (Studi Situs di Universitas Islam Batik Surakarta ). Sub fokus penelitian adalah : 1) Bagaimana karakteristik fisik pemasaran pendidikan di Universitas Islam Batik Surakarta?. 2) Bagaimana karakteristik pengelolahan pemasaran pendidikan di Universitas islam Batik Surakarta?. Berdasarkan sub fokus tersebut, tujuan penelitian adalah: 1) Mendeskripsikan karakteristik fisik pemasaran Universitas Islam Batik Surakarta. 2) Mendeskripsikan karakteristik pengelolahan pemasaran pendidikan di Universitas Islam Batik Surakarta. Dalam penelitian ini digunakan strategi penelitian etnografi. Data penelitian ini diperoleh dari narasumber yaitu kepala Humas Universitas Islam Batik Surakarta, Ketua jurusan Fakultas Ekonomi Akutansi, Tim pemasaran pendidikan, Mahasiswa Universitas Islam Batik Surakarta, dan dokumentasi Universitas serta pengamatan terhadap aktivitas mereka. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam, observasi partisipasi, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan mamperpanjang masa observasi, pengamatan terus menerus, triangulasi, dan membicarakan dengan orang lain. Sedangkan teknik analisis datanya adalah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi/penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fisik pemasaran yang seimbang anatara pemasaran kedalam dan pemasaran keluar dapat membantu hubungan yang harmonis antara pelaku pemasaran pendidikan (dosen dan karyawan), dan konsumen (stakeholder). Pengelolahan pemasaran pendidikan dengan strategi 4 P (produk, harga, tempat, dan promosi), bagi Perguruan Tinggi yang sedang berkembang mampu mempertahankan kondisi civitas akademik Universitas dengan cukup baik.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengelolaan, pemasaran, strategi, pendidikan, dan etnografi. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 12 Oct 2011 05:33 |
Last Modified: | 12 Oct 2011 05:33 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15072 |
Actions (login required)
View Item |