PENGELOLAAN KELAS BERBASIS INKLUSI DI SMP NEGERI 4 WONOGIRI

Adi, Setyo (2011) PENGELOLAAN KELAS BERBASIS INKLUSI DI SMP NEGERI 4 WONOGIRI. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (haldepan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (76kB)
[img]
Preview
PDF (bap1)
BAB_I.pdf

Download (29kB)
[img] PDF (bap2)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (52kB)
[img] PDF (bap3)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (34kB)
[img] PDF (bap4)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (106kB)
[img] PDF (bap5)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (38kB)
[img] PDF (bap6)
BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
PDF (daftarpustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (10kB)
[img] PDF (lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah Mendeskripsikan (1) Persiapan guru dalam mengelola kelas berbasis inklusi di SMP Negeri 4 Wonogiri. (2) Pengelolaan siswa dalam kelas berbasis inklusi di SMP Negeri 4 Wonogiri. (3) Pengelolaan sarana prasarana dalam kelas berbasis inklusi di SMP Negeri 4 Wonogiri. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 4 Wonogiri. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik wawancara mendalam, dokumentasi, dan observasi. Metode yang digunakan dalam analisis data kualitatif yaitu menganalisis data yang didasarkan pada kualitas data yang digunakan untuk memecahkan permasalahan pokok penelitian, kemudian diuraikan dalam bentuk bahasa deskriptif. Hasil penelitian: (1) Model kelas inklusi yang diterapkan di SMP Negeri 4 Wonogiri adalah kelas reguler pull out. Persiapan guru dalam mengelola kelas berbasis inklusi dilakukan oleh beberapa guru dengan memperhatikan kondisi fisik kelas karena lingkungan fisik tempat belajar mempunyai pengaruh penting terhadap hasil berbuatan belajar. Guru mempersiapkan kelas inklusi dengan melakukan tindakan preventif yaitu dengan memperhatikan kondisi dan situasi belajar mengajar, mengelola suasana kelas, dan mengorganisir penjadwalan pembelajaran secara tepat. (2) Pengelolaan siswa dalam kelas berbasis inklusi di SMP Negeri 4 Wonogiri, dilakukan berdasarkan rapat kepala sekolah, guru, dan komite sekolah setelah adanya keputusan penerimaan siswa baru. Siswa dibagi ke semua kelas, sehingga tiap kelas maksimal ada 3 anak yang berkebutuhan khusus, dan terbatas pada ABK slow learner, tuna laras, tuna netra, dan disgrafia. Pengelolaan siswa di dalam kelas inklusi sepenuhnya menjadi tanggung jawab guru. Pengelolaan siswa dalam kelas pada prinsipnya untuk menciptakan lingkungan belajar yang kondusif bagi siswa, sehingga pembelajaran berjalan secara efektif dan efisien. (3) Sarana dan prasarana dalam kelas berbasis inklusi di SMP Negeri 4 Wonogiri, pada dasarnya tidak jauh berbeda dengan pengaturan sarana prasarana pada kelas reguler, namun pada kelas berbasis inklusi tersedia peralatan khusus yang telah disediakan untuk anak berkebutuhan khusus, diantaranya adalah alat bantu dengar, alat tulis braille, dan buku-buku braille. Prosedur pengadaan sarana dan prasarana inklusi berdasarkan perencanaan yang disusun oleh guru bekerja sama dengan guru khusus dan ketua program atas persetujuan kepala sekolah. Besar kecilnya kebutuhan sarana dan prasarana khususnya untuk siswa berkebutuhan khusus tergantung jumlah siswa dan macam kebutuhan siswa, dan penggunaannya sepenuhnya diatur oleh ketua program inklusi.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: persiapan , pengelolaan, sarana , prasarana.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Mr. Edy Suparno
Date Deposited: 11 Oct 2011 10:16
Last Modified: 18 Nov 2019 06:50
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15067

Actions (login required)

View Item View Item