MUNDHOFIR, MUNDHOFIR (2011) PENGELOLAAN ANAK USIA DINI DI PLAYGROUP AL FIRDAUS SURAKARTA. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
Judul.pdf Download (446kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (76kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (161kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Registered users only Download (101kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (157kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (105kB) |
||
PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (74kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (83kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) Mendeskripsikan pengelolaan lingkungan Anak Usia Dini Play Group Al Firdaus Surakarta. (2) Mendeskripsikan pengelolaan kurikulum Anak Usia Dini Play Group Al Firdaus Surakarta. (3) Mendeskripsikan pengelolaan pembelajaran Anak Usia Dini Play Group Al Firdaus Surakarta. Lokasi penelitian ini di play group Al Firdaus yang terletak di jalan Yosodipura 107 Surakarta. Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara mendalam, observasi, dan dokumen/arsip. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode analisis data tertata dimana situs dipisah dari yang tinggi sampai yan terendah berdasarkan variabel terpenting. Data yang diperoleh di lapangan akan diolah dengan cara mengumpulkan semua data yang ada. Data yang ada dikelompokkan, diseleksi, dan selanjutnya dianalisa dengan menggunakan metode kualitatif Hasil penelitian ini adalah (1) Lingkungan belajar anak usia dini Play Group Al Firdaus Surakarta dirancang untuk menciptakan rasa aman, nyaman dan kondusif untuk belajar anak, agar anak terlindungi dari musibah, dan merasa senang berada di lingkungan sekolah. Keamanan lingkungan belajar anak usia dini Play Group Al Firdaus Surakarta diciptakan dengan membuat pagar pengaman agar tidak semua orang dapat keluar masuk lingkungan belajar. Lingkungan nyaman bagi anak diciptakan mulai dari halaman sekolah sampai ruang sekolah. (2) Kurikulum yang digunakan untuk Anak Usia Dini Play Group Al Firdaus Surakarta mengacu pada KTSP. Ruang lingkup kurikulum meliputi aspek perkembangan keimanan dan ketaqwaan (pendidikan agama Islam), ilmu pengetahuan dan teknologi, kecakapan hidup (life skill). Kemampuan dasar aspek keimanan dan ketaqwaan dengan mengikuti sholat sehari-hari dan menghafal bacaannya, membaca Al-Qur’an permulaan dan menghafal beberapa surat pendek, menulis huruf hijaiyah, menghafal beberapa doa-doa sehari-hari, meniru ucapan sikap dan perilaku santun sesuai dengan ajaran islam dalam kehidupan sehari-hari, mengenal nilai-nilai islam melalui lukisan dan gambar, dan mengenal perbuatan makruf dan mungkar. (3) Pengelolaan pembelajaran anak usia dini Play Group Al Firdaus Surakarta dilakukan dengan orientasi bermain (belajar sambil bermain dan bermain sambil belajar), pengelolaan pembelajaran dilakukan adalah merencanakan dan menyediakan bahan/peralatan yang dapat mendukung perkembangan dan belajar anak secara komprehensif. Untuk melaksanakan pembelajaran yang berpusat pada Anak Usia Dini play group Al Firdaus Surakarta menyediakan berbagai area bermain.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pembelajaran matematika, interaksi siswa dan guru, interaksi sosial siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 11 Oct 2011 07:57 |
Last Modified: | 11 Oct 2011 07:57 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15057 |
Actions (login required)
View Item |