SUGIRANTO, SUGIRANTO (2011) PENGELOLAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN (STUDI SITUS DI SMA NEGERI 1 MUNTILAN). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Hal Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (233kB) |
|
|
PDF (Bab 1 )
BAB_I.pdf Download (42kB) |
|
PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (61kB) |
||
PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (38kB) |
||
PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (13MB) |
||
PDF (Bab 5 )
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (44kB) |
||
PDF (Bab 6)
BAB_VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (15kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR__PUSTAKA.pdf Download (19kB) |
|
PDF (Ringkasan)
RINGKASAN_TESIS.pdf Restricted to Repository staff only Download (283kB) |
Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah : (1) Mendeskripsikan karakteristik materi pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan. (2) Mendeskripsikan karakteristik sarana prasarana pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan. (3) Mendeskripsikan karakteristik interaksi guru dan siswa dalam pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di SMA Negeri 1 Muntilan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain etnografi pendidikan. Jenis data meliputi data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dalam bentuk ucapan verbal atau kata-kata dan perilaku informan,sedangkan data sekunder berasal dari dokumen dan foto. Pemilihan informan menggunakan sampling teknik "porposif". Teknik pengumpulan data meliputi wawancara mendalam, observasi partisipasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data tertata menurut situs. Penelitian ini menemukan fakta empirik sebagai berikut: (1) Struktur materi pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan dikembangkan dengan menggunakan model kurikulum kebugaran jasmani dan pendidikan olahraga. Asumsi yang digunakan adalah untuk menciptakan gaya hidup sehat dan aktif, dengan demikian manusia perlu memahami hakikat kebugaran jasmani dengan menggunakan konsep latihan yang benar; (2) Beberapa sarana prasarana yang belum lengkap dapat diatasi dengan kesepakatan bersama, dengan modifikasi dari berbagai ukuran dan berat ringannya untuk melayani berbagai kebutuhan tingkat perkembangan belajar anak yang beragam kemampuannya; (3) Interaksi antara guru dan siswa dalam kegiatan pembelajaran menjadi lebih baik dengan kesadaran saling membutuhkan. Semangat guru dalam mengajar mempengaruhi semangat siswa dalam belajar, demikian juga sebaliknya. Kata kunci: Pengelolaan, pembelajaran, dan pendidikan jasmani.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengelolaan, pembelajaran, dan pendidikan jasmani |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mr. Edy Suparno |
Date Deposited: | 10 Oct 2011 09:26 |
Last Modified: | 10 Oct 2011 10:03 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15043 |
Actions (login required)
View Item |