SUSIATI, EVI (2011) KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DI MTS NEGERI WONOSEGORO BOYOLALI. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
Judul.pdf Download (326kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (96kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (167kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (120kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (148kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (107kB) |
||
PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (69kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (88kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (529kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan ciri-ciri rencana kerja Kepala Madrasah di MTsN Wonosegoro Kabupaten Boyolali. (2) Mendeskripsikan ciri-ciri implementasi rencana kerja Kepala Madrasah di MTsN Wonosegoro Kabupaten Boyolali. (3) Mendeskripsikan ciri-ciri evaluasi dan monitoring yang dilakukan Kepala Madrasah di MTsN Wonosegoro Kabupaten Boyolali. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini dilakukan di MTs. Negeri Wonosegoro Kabupaten Boyolali. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode wawancara mendalam, metode observasi, dan metode dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui tiga tahapan yaitu meliputi: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian ini adalah (1) Proses perencanaan kegiatan atau penyusunan program sekolah dengan melibatkan unsur guru-guru dan masyarakat akan mendorong terwujudnya keterbukaan dan akan menekan seminim mungkin tingkat kesalahan perencanaan. Kegiatan perencanaan dilaksanakan dengan matang dan dimusyawarahkan secara terbuka dengan melibatkan semua unsur-unsur yaitu Kepala Madrasah, Guru, Komite dan wali murid. (2) Pengorganisasian dilakukan dengan melaksanakan koordinasi antara guru dan Kepala Madrasah sehingga menemukan hal-hal yang perlu ditindaklanjuti. Kepala Madrasah juga melakukan upaya menciptakan situasi kerja yang kondusif dengan penuh kebersamaan dan saling percaya serta saling menghormati. Koordinasi dengan masyarakat dilakukan sehingga upaya agar masyarakat selalu aktif dan peduli kepada sekolah. (3) Pengawasan dilaksanakan secara terbuka dan berkesinambungan yang diketahui semua pihak. Berbagai hal yang direncanakan di MTs Negeri Wonosegoro Kabupaten Boyolali merupakan perwujudan manajemen sekolah yang sudah menerapkan unsur keterbukaan, tanggung jawab/akuntabilitas dan partisipatif.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kepemimpinan kepala madrasah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 10 Oct 2011 06:39 |
Last Modified: | 10 Oct 2011 06:39 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15041 |
Actions (login required)
View Item |