SAIFUDIN, SAIFUDIN (2011) PENGELOLAAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA KONSEP TRIGONOMETRI DI SMP N 1 SALATIGA. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
ATribut_ku.pdf Download (117kB) |
|
|
PDF (Bab I)
Bab_I_.pdf Download (96kB) |
|
PDF (Bab II)
Bab_II_.pdf Restricted to Repository staff only Download (175kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (132kB) |
||
PDF (Bab IV)
Bab_IV_ku_.pdf Restricted to Repository staff only Download (269kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V_.pdf Restricted to Repository staff only Download (139kB) |
||
PDF (Bab VI)
Bab_VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (19kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustakaku.pdf Download (139kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan karakteristik pola perencanaan pembelajaran konsep Trigonometri. 2) Untuk mendeskripsikan karakteristik pelaksanaan pembelajaran Trigonometri dan 3) untuk mengetahui karakteristik sistim evaluasi pembelajaran konsep Trigonometri di SMP N 1 Salatiga. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan etnografi. Sumber data berasal dari komponen-komponen sekolah yaitu kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru-guru matematika, siswa-siswi SMP N 1 salatiga. Pengumpulan data dalam penelitian kualitatif menggunakan teknik observasi, wawancara mendalam dan pengkajian dokumen dalam aktivitas pengelolaan pembelajaran di SMP N 1 Salatiga. Untuk analisanya menggunakan model analisis interaktif yakni dengan langkah pengumpulan data, reduksi data, pemaparan data, dan penarikan kesimpulan/ verifikasi. Penentuan keabsahan data meliputi derajat kepercayaan, keteralihan, ketergantungan, dan kepastian dengan cara modus ganda ( sumber dan metode) Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Dalam perencanaan pembelajaran konsep Trigonometri mengacu pada KTSP, namun lebih mengedepankan pada segi pembelajaran berbasis IT, dan pengorganisasian kelas untuk perencanaan pembelajaran Trigonometri dengan sistim pembelajaran kontektual. (2) Dalam pelaksanaan pembelajaran Trigonometri disesuaikan dengan karakteristik, lingkungan personal dan sosial siswa, sehingga lebih menarik dan kontektual. Pelaksanaan pembelajaran bukan lagi kegiatan mengajar, tetapi merupakan kegiatan belajar, yang memungkinkan siswa belajar tanpa kehadiran Guru. Siswa aktif mencari, menggali, dan menemukan konsep serta prinsip-prinsip dari suatu pengetahuan yang harus dikuasai dengan pemanfaatan media tehnologi dan telekomunikasi. Metode yang digunakan yaitu dengan sistim belajar diskaveri /inkuiri (3) Evaluasi pembelajaran Trigonomoti dilaksanakan setiap hari pada awal, ditengah dan setelah akhir kegiatan. Evaluasi berupa tes tertulis, sikap, dan hasil kerja kelompok. Bentuk dan model penilaian yang digunakan bervariasi tergantung materi yang sedang dipelajari. Aspek yang masuk dalam penilaian pembelajaran Trigonometri tidak hanya mencakup kognitif, afektif saja, tetapi juga aspek psikomotor.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi, |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 10 Oct 2011 04:12 |
Last Modified: | 10 Oct 2011 04:12 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15032 |
Actions (login required)
View Item |