SUTARJONO, SUTARJONO (2011) PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH KELAUTAN (Studi Situs di SMK Negeri 4 Purworejo). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
Atribut-Sutarjono.pdf Download (54kB) |
|
|
PDF (Bab I)
Bab_I_Sutarjono.pdf Download (38kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II-Sutarjono.pdf Restricted to Repository staff only Download (83kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III-Sutarjono.pdf Restricted to Repository staff only Download (73kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV_Sutarjono.pdf Restricted to Repository staff only Download (125kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V_Sutarjono.pdf Restricted to Repository staff only Download (75kB) |
||
|
PDF (Bab VI)
BAB_VI-Sutarjono.pdf Download (19kB) |
|
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA-Sutarjono.pdf Download (27kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan pengelolaan koleksi buku perpustakaan di SMK Negeri 4 Purworejo, (2) Untuk mendeskripsikan pengadaan buku perpustakaan di SMK Negeri 4 Purworejo. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang dilakukan di SMK Negeri 4 Purworejo. Subjek utama dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, pengelola perpustakaan dan siswa. Teknik pengumpulan data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan model analisis yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Keabsahan data dalam penelitian ini meliputi kredibilitas, transferabilitas, confirmabilitas, dependabilitas. Hasil dari penelitian ini (1) Pengelolaan koleksi buku yang ada diperpustakaan sekolah terdiri dari kegiatan pengecapan buku, inventarisasi klasifikasi, katalogisasi serta penataan koleksi di rak. Dalam kegiatan pengecapan atau pemberian cap pada buku terdiri dari dua tanda atau stempel yaitu stempel identitas perpustakaan dan stempel inventaris. Setelah di beri stempel dan di buat inventarisasi, kemudian dilanjutkan untuk diklasifikasikan. Selanjutnya bahan pustaka yang ada diperpustakaan di lakukan katalogisasi. Pengelolaan koleksi bahan pustaka yang lainnya adalah penataan koleksi di rak (shelving). (2) Dalam pengadaan bahan pustaka diawali dengan kegiatan perencanaan. Dalam perencanaan bahan-bahan pustaka, para pengelola perpustakaan melakukan inventarisasi bahan pustaka yang harus dimiliki dan yang sudah dimiliki dan dilanjutkan dengan kegiatan analisisi terhadap kebutuhan bahan pustaka. Dalam pengadaan bahan pustaka, pengelola perpustakaan dapat memperolehnya dengan cara membeli, hadiah atau sumbangan, tukar menukar, dan meminjam.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | perpustakaan sekolah, koleksi, pengadaan, bahan pustaka |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 07 Oct 2011 10:53 |
Last Modified: | 07 Oct 2011 10:53 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15030 |
Actions (login required)
View Item |