MARGANA, MARGANA (2011) PENGELOLAAN PEMBELAJARAN IPS SMP TERBUKA (STUDI SITUS SMP TERBUKA I PATEAN KABUPATEN KENDAL). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (47kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (30kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (49kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (37kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (77kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (29kB) |
||
PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (11kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (15kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) karakteristik perencanaan pembelajaran di SMP Terbuka 1 Patean Kab. Kendal; (2) karakteristik pelaksanaan pembelajaran di SMP Terbuka 1 Patean Kab. Kendal; (3) Karakteristik hasil pelaksanaan pembelajaran di SMP Terbuka 1 Patean Kab. Kendal. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan strategi etnografi. Peneliti hadir langsung di lokasi penelitian sebagai pengumpul data. Selain itu teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data diuji dengan teknik triangulasi. Sedangkan analisis data diawali dari pengumpulan data, penyajian data serta pengambilan kesimpulan. Berdasar pada uraian hasil penelitian dan pembahasan, maka penelitian ini disimpulkan sebagai berikut. (1) Perencanaan pembelajaran IPS di SMP Terbuka 1 Patean telah mengikuti kaidah perencanaan dalam manajemen pembelajaran SMP Terbuka. Hal ini terlihat adanya aktivitas penyusunan perencanaan pembelajaran, penyiapan Guru Bina, Guruu Pamong, penyusunan jadwal serta rencana evaluasi pembelajaran. Selain itu juga disiapkan modul pembelajaran yang dijadikan pegangan para siswa. (2) Pada pelaksanaan pembelajaran IPS di SMP Terbuka 1 Patean Kepala sekolah, Guru Bina, dan Guru Pamong mampu menjalankan tugas sesuai dengan job description-nya. Pembelajaran dilaksanakan di TKB dan di sekolah induk. Pelaksanaannya dilakukan secara kondisional, artinya menyesuaikan kondisi lapangan yang sesuai dengan karakter masayarakat dan siswa. Misalnya, kemudahan dalam rekrutmen, pemberian motivasi, tidak memberatkan, dan pembelajaran menyenangkan sehingga keberlangsungan pembelajaran tetap berjalan dengan baik. (3) Keberhasilan pembelajaran di SMP Terbuka 1 Patean terlihat pada partisipasi siswa dan dukungan warga sekitar. Banyak siswa yang mampu menyelesaikan studi hingga tuntas. Prestasi siswa dalam Lomonjari. Ada siswa yang mampu meraih kerja dengan baik.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengelolaan, pembelajaran, SMP Terbuka. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 07 Oct 2011 05:29 |
Last Modified: | 07 Oct 2011 05:29 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15013 |
Actions (login required)
View Item |