PENGELOLAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI “NUR AINI” KALIJAMBE SRAGEN

RAHAYU, MASTUTI (2011) PENGELOLAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI “NUR AINI” KALIJAMBE SRAGEN. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (haldepan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (65kB)
[img]
Preview
PDF (bap1)
BAB_I.pdf

Download (45kB)
[img] PDF (bap2)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img] PDF (bap3)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (39kB)
[img] PDF (bap4)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (149kB)
[img] PDF (bap5)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (60kB)
[img] PDF (ba6)
BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (21kB)
[img]
Preview
PDF (daftarlpustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (18kB)
[img] PDF (lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) mengetahui karakteristik guru, (2) mengetahui karakteristik siswa, (3) mengetahui karakteristik materi, (4) mengetahui karakteristik interaksi, dan (5) mengetahui karakteristik sistematika pembelajaran yang ada dan berlangsung di PAUD Nur Aini Kalijambe Sragen. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi ( studi etnografi). Landasan teori yang dipergunakan adalah teori-teori yang berkenaan dengan pendidikan anak usia dini. Metode pengumpulan data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah observasi berperan serta, baik pasif maupun aktif, wawancara secara mendalam, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan teknik model Miles and Huberman yaitu dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) karakteristik guru yang mengajar di PAUD Nur Aini mempunyai kepedulian tinggi kepada pendidikan anak-anak usia 3-6 tahun, mau bekerja keras, amanah, sabar, penuh pengabdian, bertanggung jawab pada tugasnya, dan mempunyai semangat untuk meningkatkan kemampuan dengan melanjutkan pendidikan yang sesuai, (2) siswa memiliki semangat belajar, rajin, disiplin, dan tekun meskipun berasal dari golongan tidak mampu, (3) karakteristik materi yang diajarkan cukup lengkap aspek-aspek pembelajarannya, sesuai dengan karakteristik siswa dan memenuhi prinsip-prinsip pembelajaran anak usia dini, (4) interaksi yang berlangsung dominan interaksi antara guru dengan siswa, dalam penerapannya guru menyesuaikan dengan usia anak sehingga interaksi berlangsung harmonis dan menyenangkan (5) pembelajaran yang berlangsung menggunakan pendekatan BCCT dengan melahui pijakan-pijakan, bentuk pembelajarannya berujud sentra-sentra permainan dengan tema, pembelajaran dikelola dengan semangat kerja keras guru, ketekunan siswa, kesesuaian materi dan interaksi yang menyenangkan.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Anak Usia Dini, materi , pengelolaan, pembelajaran.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Mr. Edy Suparno
Date Deposited: 06 Oct 2011 10:05
Last Modified: 06 Oct 2011 10:05
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15001

Actions (login required)

View Item View Item