SARWONO, ADABBY IRAWAN (2011) PERSEPSI APOTEKER TERHADAP KONSELING PASIEN DAN PELAKSANAANNYA DI APOTEK-APOTEK KOTA JAMBI. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
COVER-INTISARI.pdf Download (355kB) |
|
|
PDF (Bab 1)
BAB_1.pdf Download (63kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_2.pdf Restricted to Repository staff only Download (53kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_4.pdf Restricted to Repository staff only Download (42kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (53kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (204kB) |
Abstract
Konseling merupakan bagian dari standar pelayanan kefarmasian di apotek yang berperan dalam memperbaiki kualitas hidup dan menyediakan pelayanan yang bermutu bagi pasien di apotek. Pelaksanaan konseling dipengaruhi antara lain persepsi apoteker terhadap konseling itu sendiri. Persepsi yang baik terhadap konseling akan mendorong apoteker untuk melaksanakan konseling. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi apoteker terhadap konseling pasien dan pelaksanaannya di apotek-apotek Kota Jambi. Penilaian persepsi apoteker dan pelaksanaan konseling dilakukan dengan mengambil data melalui kuesioner kepada 74 apoteker, kemudian kuesioner dianalisis secara deskriptif. Analisis persepsi dilakukan dengan menggunakan skala likert, kemudian data ditampilkan dalam jumlah dan persentase. Hasil penilaian terhadap persepsi apoteker menunjukkan bahwa seluruh apoteker yang menjadi responden memiliki persepsi positif terhadap pelaksanaan konseling pasien di apotek. 17 apoteker telah menyediakan pelayanan konseling di apoteknya, sebanyak 82,35% apoteker menyampaikan informasi kepada pasien secara lengkap, 17,65% apoteker menyediakan ruang khusus konseling, 35,29% belum menyediakan waktu khusus, 58,82% biasanya melakukan konseling kepada pasien selama 10-20 menit, dan hambatan yang sering ditemukan apoteker dalam pelaksanaan konseling adalah 58,82% apoteker menjawab kurangnya minat dari pasien.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Persepsi Apoteker, Konseling Pasien, Apoteker. |
Subjects: | R Medicine > RS Pharmacy and materia medica |
Divisions: | Fakultas Farmasi > Farmasi |
Depositing User: | Mrs Esti Handayani |
Date Deposited: | 06 Oct 2011 02:37 |
Last Modified: | 06 Oct 2011 02:37 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14990 |
Actions (login required)
View Item |