PERSEPSI APOTEKER TERHADAP KONSELING PASIEN DAN PELAKSANAANNYA DI APOTEK-APOTEK KOTA JAMBI

SARWONO, ADABBY IRAWAN (2011) PERSEPSI APOTEKER TERHADAP KONSELING PASIEN DAN PELAKSANAANNYA DI APOTEK-APOTEK KOTA JAMBI. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
COVER-INTISARI.pdf

Download (355kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB_1.pdf

Download (63kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (53kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (42kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (53kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (204kB)

Abstract

Konseling merupakan bagian dari standar pelayanan kefarmasian di apotek yang berperan dalam memperbaiki kualitas hidup dan menyediakan pelayanan yang bermutu bagi pasien di apotek. Pelaksanaan konseling dipengaruhi antara lain persepsi apoteker terhadap konseling itu sendiri. Persepsi yang baik terhadap konseling akan mendorong apoteker untuk melaksanakan konseling. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi apoteker terhadap konseling pasien dan pelaksanaannya di apotek-apotek Kota Jambi. Penilaian persepsi apoteker dan pelaksanaan konseling dilakukan dengan mengambil data melalui kuesioner kepada 74 apoteker, kemudian kuesioner dianalisis secara deskriptif. Analisis persepsi dilakukan dengan menggunakan skala likert, kemudian data ditampilkan dalam jumlah dan persentase. Hasil penilaian terhadap persepsi apoteker menunjukkan bahwa seluruh apoteker yang menjadi responden memiliki persepsi positif terhadap pelaksanaan konseling pasien di apotek. 17 apoteker telah menyediakan pelayanan konseling di apoteknya, sebanyak 82,35% apoteker menyampaikan informasi kepada pasien secara lengkap, 17,65% apoteker menyediakan ruang khusus konseling, 35,29% belum menyediakan waktu khusus, 58,82% biasanya melakukan konseling kepada pasien selama 10-20 menit, dan hambatan yang sering ditemukan apoteker dalam pelaksanaan konseling adalah 58,82% apoteker menjawab kurangnya minat dari pasien.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Persepsi Apoteker, Konseling Pasien, Apoteker.
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi > Farmasi
Depositing User: Mrs Esti Handayani
Date Deposited: 06 Oct 2011 02:37
Last Modified: 06 Oct 2011 02:37
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14990

Actions (login required)

View Item View Item