HAYATI, NUR (2011) ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN TERHADAP PELAYANAN INFORMASI OBAT DI INSTALASI FARMASI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH (RSUD) SUKOHARJO PERIODE FEBRUARI – APRIL 2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
COVER-INTISARI.pdf Download (291kB) |
|
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (29kB) |
|
|
PDF (Bab 1)
BAB_1.pdf Download (40kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_2.pdf Restricted to Repository staff only Download (159kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (118kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_4.pdf Restricted to Repository staff only Download (25kB) |
||
PDF (Lampiran)
lampiraN_ALL.pdf Restricted to Repository staff only Download (772kB) |
Abstract
Kepuasan pasien adalah suatu tingkat perasaan pasien yang timbul sebagai akibat dari kinerja layanan kesehatan yang diperoleh setelah pasien membandingkan dengan apa yang dirasakan. Pasien akan merasa puas apabila kinerja pelayanan kesehatan yang diperoleh melebihi harapan. Penggunaan obat yang tidak benar bisa membahayakan pasien maka perlu dilakukan pelayanan informasi obat yang mana dengan adanya pelayanan itu pasien akan merasa puas terhadap pelayanan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien rawat jalan terhadap pelayanan informasi obat di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sukoharjo Periode Februari – April 2011. Jenis penelitian ini termasuk penelitian observasional (non eksperimental) yang dianalisis dengan metode deskriptif. Sampel penelitian berjumlah 264 sampel dari bulan Februari-April tahun 2011. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling. Data diperoleh dari kuesioner kinerja petugas Instalasi Farmasi dan kepuasan pasien rawat jalan di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Umum Daerah Sukoharjo yang ditinjau dari segi lima dimensi, yaitu: keandalan (reliability), ketanggapan(responsiveness), jaminan(assurance), empati (emphaty), dan berwujud (tangible). Hasil penilaian kepuasan pasien rawat jalan terhadap pelayanan informasi obat menunjukkan secara keseluruhan nilai rerata dari kelima dimensi dengan nilai tingkat kepuasan pasien 0,73 yang berarti pasien merasa cukup puas terhadap pelayanan informasi obat yang diberikan oleh petugas di Instalasi Farmasi RSUD Sukoharjo.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Instalasi Farmasi RSUD Sukoharjo, Pasien rawat jalan, pelayanan informasi obat, kepuasan pasien. |
Subjects: | R Medicine > R Medicine (General) R Medicine > RS Pharmacy and materia medica |
Divisions: | Fakultas Farmasi > Farmasi |
Depositing User: | Mrs Esti Handayani |
Date Deposited: | 05 Oct 2011 03:02 |
Last Modified: | 05 Oct 2011 03:02 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14927 |
Actions (login required)
View Item |