ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN TERHADAP PELAYANAN INFORMASI OBAT DI INSTALASI FARMASI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH (RSUD) SUKOHARJO PERIODE FEBRUARI – APRIL 2011

HAYATI, NUR (2011) ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN TERHADAP PELAYANAN INFORMASI OBAT DI INSTALASI FARMASI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH (RSUD) SUKOHARJO PERIODE FEBRUARI – APRIL 2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
COVER-INTISARI.pdf

Download (291kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (29kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB_1.pdf

Download (40kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (159kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (118kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (25kB)
[img] PDF (Lampiran)
lampiraN_ALL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (772kB)

Abstract

Kepuasan pasien adalah suatu tingkat perasaan pasien yang timbul sebagai akibat dari kinerja layanan kesehatan yang diperoleh setelah pasien membandingkan dengan apa yang dirasakan. Pasien akan merasa puas apabila kinerja pelayanan kesehatan yang diperoleh melebihi harapan. Penggunaan obat yang tidak benar bisa membahayakan pasien maka perlu dilakukan pelayanan informasi obat yang mana dengan adanya pelayanan itu pasien akan merasa puas terhadap pelayanan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien rawat jalan terhadap pelayanan informasi obat di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sukoharjo Periode Februari – April 2011. Jenis penelitian ini termasuk penelitian observasional (non eksperimental) yang dianalisis dengan metode deskriptif. Sampel penelitian berjumlah 264 sampel dari bulan Februari-April tahun 2011. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling. Data diperoleh dari kuesioner kinerja petugas Instalasi Farmasi dan kepuasan pasien rawat jalan di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Umum Daerah Sukoharjo yang ditinjau dari segi lima dimensi, yaitu: keandalan (reliability), ketanggapan(responsiveness), jaminan(assurance), empati (emphaty), dan berwujud (tangible). Hasil penilaian kepuasan pasien rawat jalan terhadap pelayanan informasi obat menunjukkan secara keseluruhan nilai rerata dari kelima dimensi dengan nilai tingkat kepuasan pasien 0,73 yang berarti pasien merasa cukup puas terhadap pelayanan informasi obat yang diberikan oleh petugas di Instalasi Farmasi RSUD Sukoharjo.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Instalasi Farmasi RSUD Sukoharjo, Pasien rawat jalan, pelayanan informasi obat, kepuasan pasien.
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi > Farmasi
Depositing User: Mrs Esti Handayani
Date Deposited: 05 Oct 2011 03:02
Last Modified: 05 Oct 2011 03:02
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14927

Actions (login required)

View Item View Item