PENGARUH CERAMAH TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN DAN SIKAP TENTANG DEMAM BERDARAH DENGUE (DBD) PADA SISWA SD NEGERI CEMARA DUA NO. 13 SURAKARTA

RAMADANI , SAVITRI PUTRI (2011) PENGARUH CERAMAH TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN DAN SIKAP TENTANG DEMAM BERDARAH DENGUE (DBD) PADA SISWA SD NEGERI CEMARA DUA NO. 13 SURAKARTA. Diploma thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA.

[img]
Preview
PDF (haldepan)
Halaman_Depan.pdf

Download (95kB)
[img]
Preview
PDF (bap1)
Bab_I.pdf

Download (16kB)
[img] PDF (bap2)
Bab_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (96kB)
[img] PDF (bap3)
Bab_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (27kB)
[img] PDF (bap4)
Bab_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (48kB)
[img] PDF (bap5)
Bab_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img]
Preview
PDF (daftarpustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (lampiran)
Lampiran_-_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Indonesia merupakan wilayah endemis DBD. Salah satu faktor yang mempengaruhi terjadinya penyakit DBD adalah pengetahuan tentang penyakit DBD. Kegiatan yang dapat dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan dan sikap adalah ceramah. Tujuan : untuk mengetahui pengaruh ceramah terhadap tingkat pengetahuan dan sikap tentang DBD pada siswa Sekolah Dasar Negeri (SDN) Cemara Dua No. 13 Surakarta. Metode : Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimental dengan rancangan penelitian pre – post test control group design. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas lima SDN Cemara Dua No. 13, Surakarta. Jumlah sampelnya 65 responden menggunakan teknik purposive sampling. Kemudian dibagi menjadi, dua, yaitu kelompok kontrol (tidak diberi ceramah) dan kelompok perlakuan (diberi ceramah). Pengumpulan data dengan memberikan kuesioner pre test dan post test dalam waktu yang bersamaan. Analisis data menggunakan wilcoxon signed rank test untuk mengetahui beda nilai pre test dan post test tingkat pengetahuan dan sikap dan uji mann – whitney mengetahui beda nilai post test tingkat pengetahuan dan sikap antar kelompok. Hasil : Hasil penelitian ini menunjukkan pengujian hipotesis menggunakan wilcoxon signed rank test dengan derajat kemaknaan 5% pada variabel tingkat pengetahuan dan sikap kelompok kontrol diperoleh nilai P=0,655 dan P = 0,059 (P>0,05). Selanjutnya variabel tingkat pengetahuan dan sikap kelompok perlakuan diperoleh nilai P = 0,003 dan P = 0,003 (P<0,05). Kemudian pengujian hipotesis menggunakan uji mann – whitney dengan derajat kemaknaan 5% pada variabel tingkat pengetahuan dan sikap antara kelompok kontrol dan perlakuan diperoleh nilai yang sama yaitu P = 0,000 (P<0,05). Kesimpulan : Penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh ceramah terhadap tingkat pengetahuan dan sikap tentang DBD pada siswa SDN Cemara Dua No.13 Surakarta.

Item Type: Karya ilmiah (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Ceramah, Pengetahuan, Sikap, DBD
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: Mr. Edy Suparno
Date Deposited: 03 Oct 2011 09:42
Last Modified: 03 Oct 2011 09:42
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14893

Actions (login required)

View Item View Item