FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN MOTIVASI UNTUK MELANJUTKAN PENDIDIKAN SARJANA KEPERAWATAN PADA PERAWAT DI RS PKU MUHAMMADIYAH SURAKARTA

JUMIATI, JUMIATI and , Arif Widodo, A.Kep., M.Kes and , Agus Sudaryanto, S.Kep., Ns., M.Kes (2011) FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN MOTIVASI UNTUK MELANJUTKAN PENDIDIKAN SARJANA KEPERAWATAN PADA PERAWAT DI RS PKU MUHAMMADIYAH SURAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
b__Halaman_Depan.pdf

Download (168kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
c__Bab_I.pdf

Download (122kB)
[img] PDF (Bab II)
d__Bab_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (166kB)
[img] PDF (Bab III)
e__Bab_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (171kB)
[img] PDF (Bab IV)
f__Bab_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (180kB)
[img] PDF (Bab V)
g__Bab_V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (65kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
h__Daftar_Pustaka.pdf

Download (79kB)
[img] PDF (Lampiran)
i__Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (363kB)

Abstract

Hasil studi pendahuluan di RS PKU Muhammadiyah Surakarta perawat yang masih berpendidikan diploma menyatakan bahwa faktor penghargaan, pngembangan potensi individu, dan gaji merupakan hal yang dapat mempengaruhi motivasi untuk melanjutkan pendidikan sarjana keperawatan. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan motivasi untuk melanjutkan pendidikan sarjana keperawatan pada perawat di RS PKU Muhammadiyah Surakarta. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan desain deskriptif serta rancangan penelitian adalah cross sectional. Sampel penelitian 65 perawat dengan latar belakang pendidikan DIII Keperawatan, dan teknik penentuan sampel proporsional random sampling. Instrument penelitian menggunakan kuisioner. Metode analisis data menggunakan uji Rank Spearman. Hasil penelitian menunjukkan 40 responden (61,5%) memiliki penghargaan kategori cukup. Sebanyak 42 responden (64,6%) memiliki pengembangan potensi individu kategori cukup. Sebanyak 45 responden (69,2%) menyatakan faktor gaji kategori cukup. Terdapat 56 responden (86,2%) mempunyai motivasi melanjutkan pendidikan sarjana keperawatan kategori cukup. Hasil uji hipotesis hubungan antara penghargaan dengan motivasi melanjutkan pendidikan sarjana keperawatan diperoleh ρ = 0,287 dengan p = 0,021, sehingga kesimpulannya ada hubungan antara penghargaan dengan motivasi melanjutkan pendidikan sarjana keperawatan. Hubungan antara pengembangan potensi individu dengan motivasi melanjutkan pendidikan sarjana keperawatan diperoleh ρ = 0,358 dengan p = 0,003, sehingga ada hubungan pengembangan dengan motivasi melanjutkan pendidikan sarjana keperawatan. Hubungan gaji dengan motivasi melanjutkan pendidikan sarjana keperawatan diperoleh ρ = 0,041 dengan p = 0,745 sehingga disimpulkan tidak ada hubungan gaji dengan motivasi untuk melanjutkan pendidikan sarjana keperawatan pada perawat di RS PKU Muhammadiyah Surakarta.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: perawat, penghargaan, pengembangan potensi individu, gaji, motivasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Keperawatan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 28 Sep 2011 05:39
Last Modified: 18 Apr 2016 11:47
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14758

Actions (login required)

View Item View Item