PENERAPAN STRATEGI JIGSAW LEARNING DALAM MENINGKATKAN EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN TSAQÂFAH ISLAM (Studi Kasus pada Kelas VIII A2 PPTQ SMPIT Ibnu Abbas Klaten Semester 1 Tahun Pelajaran 2010/2011)

KUSYAENI , KUSYAENI (2011) PENERAPAN STRATEGI JIGSAW LEARNING DALAM MENINGKATKAN EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN TSAQÂFAH ISLAM (Studi Kasus pada Kelas VIII A2 PPTQ SMPIT Ibnu Abbas Klaten Semester 1 Tahun Pelajaran 2010/2011). Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
2._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (119kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3._BAB_I.pdf

Download (74kB)
[img] PDF (Bab II)
4._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (85kB)
[img] PDF (Bab III)
5._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (100kB)
[img] PDF (Bab IV)
6._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (33kB)
[img] PDF (Bab V)
7._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (13kB)
[img] PDF (Lampiran)
9._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (441kB)

Abstract

Rendahnya minat dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Tsaqâfah Islam, disebabkan karena guru belum menggunakan metode/strategi yang inovatif. Akibatnya, pembelajaran Tsaqâfah Islam tidak menarik sehingga minat dan hasil belajar siswa rendah. Hasil belajar belum sesuai dengan harapan dari Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yang ditetapkan. Hasil studi awal di PPTQ SMPIT Ibnu Abbas Klaten, hasil pembelajaran Tsaqâfah Islam kelas VIII A2 semester 1 tahun ajaran 2010/2011, menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas yang dicapai siswa baru 69.81 dan siswa yang memiliki nilai 70 baru 18 siswa dari 27 siswa (66.67%). Pencapaian hasil belajar tersebut berarti belum mencapai ketuntasan belajar dan pembelajaran belum efektif. Pembelajaran dikatakan efektif dan tuntas belajar jika siswa telah mencapai nilai 70, dan pencapaian ketuntasan kelas mencapai 75% siswa telah memperoleh nilai =70. Berdasarkan uraian di atas, maka dapat dirumuskan masalahnya sebagai berikut; (1) Apakah penerapan strategi Jigsaw Learning dapat meningkatkan efektifitas pembelajaran Tsaqâfah Islam pada siswa kelas VIII A2 PPTQ SMPIT Ibnu Abbas Klaten tahun pelajaran 2010/2011?; dan (2) Bagaimana ketuntasan belajar siswa kelas VIII A2 PPTQ SMPIT Ibnu Abbas Klaten tahun pelajaran 2010/2011 pada mata pelajaran Tsaqâfah Islam sebelum dan sesudah penerapan strategi Jigsaw Learning?. Dengan demikian, tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan; (1) efektifitas penerapan strategi Jigsaw Learning dalam pembelajaran Tsaqâfah Islam pada siswa kelas VIII A2 PPTQ SMPIT Ibnu Abbas Klaten tahun pelajaran 2010/2011; dan (2) ketuntasan belajar siswa kelas VIII A2 PPTQ SMPIT Ibnu Abbas Klaten tahun pelajaran 2010/2011 pada mata pelajaran Tsaqâfah Islam sebelum dan sesudah penerapan strategi Jigsaw Learning. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) atau clasroom action research. Data dianalisis dengan menggunakan model analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) Penerapan strategi Jigsaw Learning dapat meningkatkan efektifitas pembelajaran Tsaqâfah Islam pada siswa kelas VIII A2 PPTQ SMPIT Ibnu Abbas Klaten tahun pelajaran 2010/2011. Terbukti bahwa; kondisi kelas dalam pembelajaran Tsaqâfah Islam lebih kondusif, motiva si dan hasil belajar siswa meningkat. Terjadi peningkatan hasil belajar siswa sebesar 19.08 (19.08%) dari 69.81 (nilai prasiklus) setelah didakan tindakan menjadi 88.89; dan (2) Penerapan strategi Jigsaw Learning pada pembelajaran Tsaqâfah Islam telah dapat meningkatkan ketuntasan belajar siswa kelas VIII A2 PPTQ SMPIT Ibnu Abbas Klaten tahun pelajaran 2010/2011. Sebelum diadakan tindakan, siswa yang tuntas belajar sebanyak 18 siswa (66.67%) dan sesudah diberikan tindakan siswa yang mencapai KKM sebanyak 26 siswa (96.30%), yang berarti terjadi kenaikan capaian KKM sebesar 8 siswa (29.63%). Signifikansi kenaikan motivasi dan hasil belajar serta capaian KKM tersebut menunjukkan bahwa penerapan strategi Jigsaw Learning dapat meningkatkan efektifitas pembelajaran Tsaqâfah Islam pada siswa kelas VIII A2 semester 1 tahun pelajaran 2010/2011 PPTQ SMPIT Ibnu Abbas Klaten.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: STRATEGI JIGSAW LEARNING
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 27 Sep 2011 09:38
Last Modified: 27 Sep 2011 11:52
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14711

Actions (login required)

View Item View Item