MUSTIKA, NOOR RACHMI WULAN and , Siti Arifah, S.Kp.,M.Kes and , Dewi Listyorini, S.Kep.,Ns (2011) PERBEDAAN PERKEMBANGAN MOTORIK, SOSIAL DAN BAHASA ANAK TODDLER ANTARA YANG MENGIKUTI PAUD DAN TIDAK MENGIKUTI PAUD DI KELURAHAN NGLOROG SRAGEN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
2._BAGIAN_DEPAN.pdf Download (163kB) |
|
|
PDF (Bab I)
3._BAB_I.pdf Download (44kB) |
|
PDF (Bab II)
4._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (94kB) |
||
PDF (Bab III)
5._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (90kB) |
||
PDF (Bab IV)
6._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (74kB) |
||
PDF (Bab V)
7._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (28kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (30kB) |
|
PDF (Lampiran)
9._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (588kB) |
Abstract
Perkembangan anak dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya adalah stimulasi yang berasal dari orang tua dan lingkungan pendidikan informal, formal, dan non formal, layanan pendidikan anak usia dini merupakan dasar yang sangat penting dan berpengaruh terhadap perkembangan anak, hasil wawancara studi pendahuluan pada beberapa orang tua yang tidak mengikutkan anaknya ke PAUD mengutarakan bahwa anak kurang mandiri dan kurang aktif ketika mengikuti berbagai kegiatan, sedangkan orang tua yang mengikutkan anaknya ke PAUD mengutarakan bahwa anak senang berinteraksi dengan orang lain, mandiri dan aktif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan perkembangan motorik, sosial dan bahasa anak toddler antara yang mengikuti PAUD dan tidak mengikuti PAUD di Kelurahan Nglorog Sragen. Jenis penelitian ini adalah non eksperimental dengan desain penelitian deskriptif komparatif yaitu membandingkan perkembangan motorik, sosial dan bahasa anak toddler antara yang mengikuti PAUD dan tidak mengikuti PAUD melalui uji DDST dengan uji beda non parametrik yaitu uji Mann Whitney, sedangkan teknik pengambilan data dengan cara cross sectional. Sampel masing-masing kelompok berjumlah 32 anak yang mengikuti PAUD dan 53 anak yang tidak mengikuti PAUD yang diambil dengan teknik simple random sampling dari seluruh populasi yaitu anak toddler yang mengikuti PAUD dan tidak mengikuti PAUD yang memenuhi kriteria inklusi. Hasil analisis perbedaan perkembangan motorik kasar didapatkan hasil dengan p = 0,022, perkembangan motorik halus didapatkan hasil dengan p = 0,037, perkembangan sosial didapatkan hasil p = 0,001, dan perkembangan bahasa didapatkan hasil dengan p = 0,009, terdapat perbedaan perkembangan anak toddler antara yang mengikuti PAUD dan tidak mengikuti PAUD. Saran untuk orang tua hendaknya dapat lebih meningkatkan pengetahuan tentang stimulasi perkembagan anak dan meningkatan stimulasi anak pada saat anak tidak dalam proses belajar di sekolah sehingga diharapkan perkembangan anak akan tumbuh dengan lebih baik.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | perkembangan motorik, sosial dan bahasa, anak toddler, Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) |
Subjects: | R Medicine > RJ Pediatrics > RJ101 Child Health. Child health services |
Divisions: | Fakultas Ilmu Kesehatan > Keperawatan |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 27 Sep 2011 08:17 |
Last Modified: | 19 Apr 2016 02:00 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14699 |
Actions (login required)
View Item |