KHOIROH, I’ANATUL (2011) MANAJEMEN KESISWAAN DI SEKOLAH DASAR TA’MIRUL ISLAM SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf Download (187kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (75kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (134kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (154kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (96kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (35kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (29kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Siswa merupakan salah satu elemen penting dalam pendidikan dan merupakan sasaran utama dalam peningkatan kualitas pendidikan. Oleh karena itu siswa perlu dikelola, dimanaj, diatur, ditata, dikembangkan dan diberdayakan agar dapat menjadi produk pendidikan yang bermutu. Salah satu sarana untuk kebutuhan tersebut adalah melalui manajemen kesiswaan. Hal ini pula yang dilakukan oleh Sekolah Dasar (SD) Ta’mirul Islam Surakarta sebagai salah satu usahanya dalam meningkatkan mutu pendidikannya. SD Ta’mirul Islam Surakarta merupakan salah satu SD yang cukup diminati di Surakarta karena mutu pendidikannya yang baik. Dari sinilah penulis tertarik untuk melakukan penelitian terkait manajemen kesiswaan yang dilaksanakan di SD Ta’mirul Islam Surakarta. Dengan demikian penulis mengambil judul ”Manajemen Kesiswaan di Sekolah Dasar Ta’mirul Islam Surakarta Tahun Pelajaran 2010/2011”. Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah apa saja usaha-usaha yang dilakukan SD Ta’mirul Islam Surakarta dalam melaksanakan manajemen kesiswaan pada tahun pelajaran 2010/2011, serta apa saja faktor pendukung dan faktor penghambatnya. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan usaha-usaha yang dilakukan SD Ta’mirul Islam Surakarta dalam melaksanakan manajemen kesiswaan pada tahun pelajaran 2010/2011, serta mendiskripsikan faktor pendukung dan faktor penghambat manajemen kesiswaan tersebut. Jenis penelitian ini adalah lapangan (field research), dengan Kepala Sekolah, guru, serta karyawan SD Ta’mirul Islam Surakarta sebagai informan dalam penelitian. Adapun metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah wawancara, dokumentasi, dan observasi. Setelah melakukan analisis data dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif, maka diperoleh kesimpulan yaitu: 1) kegiatan manajemen kesiswaan di SD Ta’mirul Islam Surakarta tahun pelajaran 2010/2011 meliputi: perencanaan penerimaan siswa baru, penerimaan siswa baru, pengorganisasian siswa, orientasi siswa, pembinaan dan pelayanan siswa, penilaian siswa, serta mutasi dan alumni siswa, 2) Faktor pendukungnya meliputi: kerja tim yang solid dalam setiap penyelenggaraan kegiatan kesiswaan, sarana dan prasarana yang mendukung, penciptaan suasana nyaman oleh sekolah bagi siswa dan orang tua, komitmen Kepala Sekolah, guru, dan karyawan dalam melaksanakan kegiatan kesiswaan, serta usaha sekolah yang turut melibatkan orang tua dalam pengambilan keputusan terkait dengan kegiatan siswa, 3) Faktor penghambatnya meliputi: pengelolaan website sekolah yang belum optimal, razia terhadap siswa kaitannya dengan penukaran voucher sekolah yang juga belum optimal, pengelolaan perpustakaan yang masih dilakukan secara manual, kurangnya pemahaman dari beberapa orang tua siswa terhadap sistem sekolah, serta keberadaan psikolog yang tidak setiap hari standby, 4) semua kegiatan manajemen kesiswaan di SD Ta’mirul Islam Surakarta sudah sesuai dengan prinsip manajemen kesiswaan.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen, siswa, SD Ta’mirul Islam Surakarta |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 22 Sep 2011 07:00 |
Last Modified: | 22 Sep 2011 07:00 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14601 |
Actions (login required)
View Item |