PENERAPAN BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAMI DALAM MENINGKATKAN AKHLAK SISWA DI SMP MUHAMMADIYAH 7 SURAKARTA

VARENA, EVA (2011) PENERAPAN BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAMI DALAM MENINGKATKAN AKHLAK SISWA DI SMP MUHAMMADIYAH 7 SURAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (461kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB_I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (38kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (139kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (153kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (41kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah bimbingan dan konseling tidak dapat dipisahkan dalam dunia pendidikan, siswa ditempatnya belajar akan mengalami banyak kendala dan hambatan sebagai akibat dari proses adaptasi, perubahan fisik dan rohani siswa, serta pengaruh dari lingkungan sekitar, baik yang bersifat internal maupun eksternal, ketidak siapan siswa terhadap masalah ini kecenderungan akan mengarah pada perilaku menyimpang seperti kenakalan, akhlak yang kurang baik dan nilai akademis yang rendah. Peran dan tugas bimbingan dan konseling untuk menangani masalah siswa sangat diperlukan, dengan program dan layanan BK/BP diharapkan akan mengurangi masalah yang dihadapi siswa, sehingga perilaku menyimpang dari siswa dapat dihindari dengan memberikan masukan, solusi dan tindakan nyata dari bimbingan dan konseling. Skripsi ini membahas tentang bagaimana penerapan bimbingan dan konseling Islami dalam meningkatkan akhlak siswa di SMP Muhammadiyah 7 Surakarta dan apa saja yang menjadi hambatan pelaksanaan bimbingan dan konseling Islami Tujuan dari penelitian ini adalah berpijak pada rumusan masalah yang telah disebutkan, jadi untuk mengetahui bagaimana penerapan bimbingan dan konseling Islami dalam meningkatkan akhlak siswa di SMP Muhammadiyah 7 Surakarta dan apa saja yang menjadi hambatan pelaksanaan bimbingan dan konseling Islami. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian lapangan (field research). Subjek penelitian siswa kelas VII, VIII dan IX (tidak hanya siswa yang memiliki kesulitan dan masalah). Untuk memperoleh data penelitian ini menggunakan metode wawancara dengan guru BK dan siswa yang mengikuti Bimbingan Konseling Islami, selain itu juga menggunakan metode observasi guna mengambil data melalui sejumlah sumber-sumber agar pengambilan datanya bisa sistematis, selain metode tersebut, juga menggunakan metode dokumentasi untuk mendapatkan data tentang gambaran umum SMP Muhammadiyah 7 Surakarta. Adapun penelitian ini dalam menganalisis bimbingan dan konseling Islami dengan induktif dan deduktif untuk mengetahui perbedaan antara siswa sebelum mendapat bimbingan konseling Islami dan setelah mendapatkan bimbingan konseling Islami. Kesimpulan penelitian ini adalah Pelaksanaan dan metode Bimbingan Konseling Islami di MAN 1 Boyolali sudah sesuai dengan tujuan umum dan tujuan khusus bimbingan dan konseling yaitu pembinaan mental dan akhlak siswa yang ditekankan pada kedisiplinan mematuhi tatatertib serta mengadakan kegiatan yang dapat memelihara akhlak yang kurang baik agar menjadi baik.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK F100/2011-020
Uncontrolled Keywords: bimbingan dan konseling, kenakalan, akhlak
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 22 Sep 2011 06:09
Last Modified: 04 Nov 2011 05:50
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14597

Actions (login required)

View Item View Item