HANIFUDIN, HANIFUDIN (2011) PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DAN PEMECAHANNYA (Studi Kasus pada Siswa Kelas VIII di SMP IT Muhammadiyah Miri Kabupaten Sragen Tahun Pelajaran 2010/2011). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (374kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (114kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (238kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (37kB) |
||
PDF (bab IV)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (66kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (66kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustala)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (55kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (233kB) |
Abstract
Suatu kegiatan belajar mengajar akan melibatkan beberapa komponen antara lain peserta didik, pendidik, tujuan pembelajaran, materi, metode, dan evaluasi. Masing-masing komponen ini saling berkaitan dan saling mendukung satu sama lain, untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Meskipun telah diupayakan semaksimal mungkin, namun dalam pelaksanaannya tetap terdapat problematika. Hal ini menuntut lembaga sekolah dan pendidik untuk mencari pemecahannya. Hal ini menjadikan penulis tertarik untuk mengadakan penelitian tentang problematika pembelajaran bahasa Arab dan pemecahnnya pada siswa kelas VIII di SMP IT Muhammadiyah Miri. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan problematika-problematika yang di hadapi siswa kelas VIII di SMP IT Muhammadiyah Miri dan cara penyelesaiannya. Lokasi penelitian berada di SMP IT Muhammadiyah Miri Kabupaten Sragen, Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode Intervew, observasi, dan dokumentasi. Subjek yang diambil melibatkan kepala sekolah, guru bahasa Arab dan siswa di SMP IT Muhammadiyah Miri. Penulis dalam menganalisis data menggunakan 3 langkah yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pendekatan yang peneliti lakukan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini, penulis mendapatkan problematika pembelajaran bahasa Arab yang dihadapi siswa kelas VIII di SMP IT Muhammadiyah Miri. Problematika tersebut mencakup dua hal yaitu problematika kebahasaan dan problematika non kebahasaan. Pihak sekolah dalam memecahkan problem kebahasaan dengan memasukkan pembelajaran Imla’, Muthala’ah, Nahwu dan Shorof dalam materi bahasa Arab. Sedang untuk problem non kebahasaan dengan pengadaan pembelajaran tambahan tentang baca tulis Arab dan memotifasi siswa dalam kegiatan belajar mengajar, mengadakan Arabic day, membakukan buku pegangan guru dan siswa serta mengikutsertakan guru bahasa Arab dalam pelatihan-pelatihan bahasa Arab.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pembelajaran bahasa Arab, kebahasaan dan non kebahasaan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 22 Sep 2011 05:16 |
Last Modified: | 22 Sep 2011 05:16 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14592 |
Actions (login required)
View Item |