HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI SISWA TERHADAP KARAKTER GURU DENGAN BUDI PEKERTI SISWA

Safitri, Amalia (2011) HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI SISWA TERHADAP KARAKTER GURU DENGAN BUDI PEKERTI SISWA. Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (194kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf

Download (192kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (268kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (221kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (511kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (54kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (128kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (296kB)

Abstract

Budi pekerti siswa dapat dilihat dari ketaatan dan banyaknya pelanggaran yang dilakukan siswa di sekolah. Berdasarkan data yang diperoleh di SMK Muhammadiyah 2 Karanganyar terjadi pelanggaran terhadap tata tertib sekolah yang dilakukan siswa khususnya dalam penanaman budi pekerti. Faktor – faktor yang mempengaruhi budi pekerti salah satunya adalah karakter guru. Sekolah merupakan lingkungan yang terdekat yang selalu mengitarinya dan sekaligus guru menjadi salah satu figure untuk diidolakan. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara persepsi siswa terhadap karakter guru dengan budi pekerti siswa. Hipotesis yang diajukan adalah ada hubungan positif antara persepsi siswa terhadap karakter guru dengan budi pekerti siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Muhammadiyah 2 Karanganyar yang berjumlah 120 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah cluster random sampling dengan cara undian dengan karakteristik : a) siswa SMK Muhammadiyah 2 Karanganyar; b) kelas XI. Alat ukur yang digunakan adalah skala persepsi siswa terhadap karakter guru dan skala budi pekerti. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan product moment diperoleh nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0,630; p = 0,000 (p < 0,01) artinya ada hubungan positif yang sangat signifikan antara persepsi siswa terhadap karakter guru dengan budi pekerti siswa. Sumbangan efektif antara variable persepsi siswa terhadap karakter guru dengan budi pekerti siswa sebesar 39,7%. Berdasarkan hasil analisis, diketahui variabel persepsi siswa terhadap karakter guru mempunyai rerata empirik (RE) sebesar 161,05 dan rerata hipotetik (RH) sebesar 97,5 yang berarti persepsi siswa terhadap karakter guru tergolong sangat tinggi. Variabel budi pekerti mempunyai rerata empirik (RE) sebesar 98,47 dan rerata hipotetik (RH) sebesar 57,5 yang berarti budi pekerti siswa tergolong sangat tinggi. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah ada hubungan positif yang sangat signifikan antara persepsi siswa terhadap karakter guru dengan budi pekerti siswa di SMK Muhammadiyah 2 Karanganyar.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: persepsi siswa terhadap karakter guru, budi pekerti siswa
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Mrs Esti Handayani
Date Deposited: 20 Sep 2011 09:58
Last Modified: 20 Sep 2011 09:58
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14516

Actions (login required)

View Item View Item