PERBEDAAN INDEKS PRESTASI KUMULATIF (IPK) MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA KELAS REGULER DENGAN KELAS RSBI DITINJAU DARI GENDER (Penelitian Terhadap Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta Tahun Akademik 2010/2011)

ANGGRAINI, RATNA (2011) PERBEDAAN INDEKS PRESTASI KUMULATIF (IPK) MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA KELAS REGULER DENGAN KELAS RSBI DITINJAU DARI GENDER (Penelitian Terhadap Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta Tahun Akademik 2010/2011). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._Cover-Abstrak_Ratna.pdf

Download (110kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.PDF

Download (30kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (68kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (82kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (57kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._Daftar_Pustaka.pdf

Download (16kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._Lampiran-Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (226kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini: memberikan gambaran tentang adanya perbedaan IPK antara mahasiswa RSBI dengan mahasiswa reguler ditinjau dari gender. Jenis penelitian ini deskriptif kuantitatif. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah mahasiswa semester III Program Studi Pendidikan Matematika UMS yang berjumlah 56. Metode pengumpulan data melalui metode dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan ANAVA dua jalur dengan sel tak sama yang sebelumya dilakukan uji prasarat analisis, yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian ini: (1) rerata IPK mahasiswa RSBI diperoleh 3,020, sedangkan rerata IPK mahasiswa reguler diperoleh 2,962 (2) harga statistik uji FB > Ftabel, yaitu 8,165 > 4,027 sehingga FB ÎDK dengan demikian H0B ditolak (3) harga statistik uji Fab = 0,060 sedangkan Ftabel = 4,027, maka Fab < Ftabel sehingga Fab ÏDK, dengan demikian H0AB diterima. Kesimpulan penelitian ini adalah sistem penyelenggaraan pendidikan RSBI tidak menghasilkan IPK mahasiswa lebih baik dari reguler, perbedaan gender mempengaruhi perolehan IPK, dan tidak terdapat interaksi antara sistem penyelenggaraan pendidikan dan gender terhadap IPK.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK A410/2011-37
Uncontrolled Keywords: IPK, Reguler, RSBI, Gender.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 14 Sep 2011 08:52
Last Modified: 31 Oct 2011 04:49
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14408

Actions (login required)

View Item View Item