MUHALIM, AZIZ (2011) EKSPERIMENTASI STRATEGI GUIDED DISCOVERY DAN STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT TERHADAP PRESTASI DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL SISWA KELAS VII SMP N 3 COLOMADU. Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (166kB) |
|
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (29kB) |
|
|
PDF (Bab 1)
BAB_I_PENDAHULUAN.pdf Download (33kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (124kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (139kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (92kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (16kB) |
||
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (378kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menguji dan menganalisis perbedaan strategi pembelajaran guided discovery dan strategi pembelajaran kooperatif tipe TGT terhadap prestasi belajar matematika pada persegi dan persegi panjang, (2) Menguji dan menganalisis perbedaan kemampuan awal belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika pada persegi dan persegi panjang, (3) Menguji dan menganalisis apakah ada interaksi antara strategi pembelajaran guided discovery dan strategi pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan kemampuan awal terhadap prestasi belajar matematika pada persegi dan persegi panjang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 3 Colomadu semester II, yang terdiri dari 8 kelas. Sampel yang digunakan sebanyak 2 kelas yaitu kelas VII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIC sebagai kelas kontrol. Teknik sampling menggunakan Cluster Random Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode tes, dan metode dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis yang menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Dari hasil penelitian untuk α=5% dapat disimpulkan (1) Terdapat perbedaan yang signifikan antara penerapan pembelajaran menggunakan strategi pembelajaran guided discovery dan strategi pembelajaran kooperatif tipe TGT terhadap prestasi belajar matematika pada persegi dan persegi panjang dengan nilai Fobs= 20.113, (2) Terdapat perbedaan kemampuan awal siswa terhadap prestasi belajar matematika pada persegi dan persegi panjang antara siswa yang memiliki kemampuan awal tinggi, sedang dan rendah dengan nilai Fobs= 39.108, (3) Tidak terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan kemampuan awal siswa baik yang tinggi,sedang dan rendah terhadap prestasi belajar matematika pada persegi dan persegi panjang dengan nilai Fobs= 0.315.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Prestasi belajar, kemampuan awal, guided discovery, kooperatif tipe TGT |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Esti Handayani |
Date Deposited: | 08 Sep 2011 02:55 |
Last Modified: | 08 Sep 2011 02:55 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14284 |
Actions (login required)
View Item |