DARMANTO, DIDIT RHOY (2011) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN ACTIVE KNOWLEDGE SHARING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VIII Semester Genap SMP N I Jatipurno Tahun Ajaran 2010/2011). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (81kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (39kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (149kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (60kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (140kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (28kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (25kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (780kB) |
Abstract
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah meningkatkan keaktifan pembelajaran matematika siswa setelah menerapkan strategi pembelajaran Active Knowledge Sharing. Pendekatan penelitian pada penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain Penelitian Tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan di SMP N 1 Jatipurno dengan subjek penerima tindakan adalah siswa kelas VIIIB yang berjumlah 38 siswa. Data dikumpulkan melalui teknik observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Data dianalisis secara kualitatif, kemudian hasil analisis tersebut disajikan secara deskriptif untuk penarikan kesimpulan. Data hasil penelitian menunjukkan bahwa keaktifan pembelajaran matematika siswa mengalami peningkatan yaitu peningkatan keaktifan siswa yang berani mengajukan pertanyaan dari sebelum tindakan sebanyak 17,16%, pada putaran III meningkat menjadi 62,92%. Siswa yang berani menjawab pertanyaan dari sebelum tindakan sebanyak 28,6%, pada putaran III meningkat menjadi 74,36%. Siswa yang memperhatikan penjelasan guru dari sebelum tindakan sebanyak 42,9%, pada putaran III meningkat menjadi 82,94%. Siswa yang bisa bekerjasama dengan baik dalam kelompoknya, dari sebelum tindakan sebanyak 42,9%, pada putaran III meningkat menjadi 68,64%. Dari data hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa keaktifan pembelajaran matematika siswa meningkat melalui pembelajaran matematika dengan menggunakan strategi pembalajaran Active Knowledge Sharing.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Active Knowledge Sharing, Keaktifan Pembelajaran Matematika. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 22 Aug 2011 05:28 |
Last Modified: | 22 Aug 2011 05:28 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14207 |
Actions (login required)
View Item |