Sari, Niken Purnama (2011) PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA GEOMETRI MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN RESOURCE BASED LEARNING (PTK Terhadap Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 3 Colomadu Tahun Ajaran 2010/2011). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (198kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (101kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (135kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (125kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (243kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (99kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (91kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (606kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini: (1) Mengkaji dan mendiskripsikan peningkatan motivasi siswa dalam pembelajaran matematika geometri melalui strategi pembelajaran Resource Based Learning, dan (2) Mengkaji dan mendiskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika geometri melalui strategi pembelajaran Resource Based Learning. Jenis penelitian ini PTK kolaboratif. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VII C SMP Negeri 3 Colomadu, yang berjumlah 32 siswa. Metode pengumpulan data melalui metode observasi, catatan lapangan, tes, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Keabsahan data dilakukan dengan observasi secara terus menerus dan triangulasi data. Hasil penelitian ini: (1) Ada peningkatan motivasi belajar yang dapat dilihat dari meningkatnya indikator motivasi belajar meliputi: a)antusias siswa menjawab dan mengajukan pertanyaan sebelum tindakan 15,625%, putaran I 37,5%, putaran II 53,125% dan di akhir tindakan 84,375%, b) antusias siswa mengerjakan soal sebelum tindakan 9,375%, putaran I 31,25%, putaran II 40,625% dan di akhir tindakan 53,125%, c) antusias siswa menyanggah dan menyetujui pernyataan sebelum tindakan 3,125%, putaran I 15,625%, putaran II 25%, dan di akhir 56,25%. dan (2) Ada peningkatan hasil belajar siswa yang dapat dilihat dari meningkatnya indikator hasil belajar siswa yaitu siswa yang mendapat nilai lebih dari sama dengan 64 sebelum tindakan 43,75%, putaran I 46,875%, putaran II 62,5%, putaran III 81,25%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan strategi pembelajaran Resource Based Learning dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | motivasi, hasil belajar, resource based learning. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 18 Aug 2011 04:18 |
Last Modified: | 18 Aug 2011 04:18 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14146 |
Actions (login required)
View Item |