UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK MELALUI METODE BERCERITA (Penelitian Tindakan Kelas di TK AL-Islam 14, Mojosongo Tahun Pelajaran 2010 – 2011)

Wuriasih, Nunuk (2011) UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK MELALUI METODE BERCERITA (Penelitian Tindakan Kelas di TK AL-Islam 14, Mojosongo Tahun Pelajaran 2010 – 2011). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN_.pdf

Download (46kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (19kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (71kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (98kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V_.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan perkembangan bahasa anak melalui metode bercerita. Penelitian ini adalah jenis penelitian yang difokuskan pada situasi kelas, atau lazim dikenal dengan classroom action research. Subyek penelitian ini adalah anak didik pada kelompok B Taman Kanak-kanak Al-Islam 14 Mojosongo Tahun Pelajaran 2010-2011 dengan jumlah siswa 20 Anak. Metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian ini daapt disimpulkan bahwa upaya peningkatan kemampuan berbahasa anak melalui metode bercerita pada anak didik kelompok B Taman Kanak-kanak Al-Islam 14 Mojosongo dilaksanakan melalui tiga siklus, dalam satu siklus dilaksanakan dua kali pertemuan. Dengan model (a) mendengarkan dan menceritakan kembali cerita secara urut 80 % atau 16 anak, (b) siswa mampu bertanya secara lisan 90 % atau 18 anak, (c) keberanian/kemampuan siswa untuk dalam menajwab pertanyaan 85 % atau 17 anak, (d) mengurutkan dan menceritakan isi gambar seri (4-6) gambar 80% atau 16 anak. Peningkatan kemampuan berbahasa anak melalui metode bercerita pada anak didik kelompok B Taman Kanak-kanak Al-Islam 14 Mojosongo berdasarkan observasi pada kondisi awal dan dari data hasil penelitian sebelum dan sesudah dilakukan tindakan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kemampuan berbahasa, metode bercerita
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 16 Aug 2011 09:19
Last Modified: 16 Aug 2011 09:19
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14137

Actions (login required)

View Item View Item