Wuriasih, Nunuk (2011) UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK MELALUI METODE BERCERITA (Penelitian Tindakan Kelas di TK AL-Islam 14, Mojosongo Tahun Pelajaran 2010 – 2011). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN_.pdf Download (46kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (19kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (71kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (94kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (98kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V_.pdf Restricted to Registered users only Download (13kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (12kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan perkembangan bahasa anak melalui metode bercerita. Penelitian ini adalah jenis penelitian yang difokuskan pada situasi kelas, atau lazim dikenal dengan classroom action research. Subyek penelitian ini adalah anak didik pada kelompok B Taman Kanak-kanak Al-Islam 14 Mojosongo Tahun Pelajaran 2010-2011 dengan jumlah siswa 20 Anak. Metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian ini daapt disimpulkan bahwa upaya peningkatan kemampuan berbahasa anak melalui metode bercerita pada anak didik kelompok B Taman Kanak-kanak Al-Islam 14 Mojosongo dilaksanakan melalui tiga siklus, dalam satu siklus dilaksanakan dua kali pertemuan. Dengan model (a) mendengarkan dan menceritakan kembali cerita secara urut 80 % atau 16 anak, (b) siswa mampu bertanya secara lisan 90 % atau 18 anak, (c) keberanian/kemampuan siswa untuk dalam menajwab pertanyaan 85 % atau 17 anak, (d) mengurutkan dan menceritakan isi gambar seri (4-6) gambar 80% atau 16 anak. Peningkatan kemampuan berbahasa anak melalui metode bercerita pada anak didik kelompok B Taman Kanak-kanak Al-Islam 14 Mojosongo berdasarkan observasi pada kondisi awal dan dari data hasil penelitian sebelum dan sesudah dilakukan tindakan.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kemampuan berbahasa, metode bercerita |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 16 Aug 2011 09:19 |
Last Modified: | 16 Aug 2011 09:19 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14137 |
Actions (login required)
View Item |