Sutarni, Sutarni (2011) UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK MELALUI BERMAIN BALOK PADA ANAK KELOMPOK B DI TK AISYIYAH AL JA’FAR DAWUNG JENAR SRAGEN TAHUN AJARAN 2010 / 2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (79kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (27kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (173kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (71kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB___IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (90kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB__V.pdf Restricted to Repository staff only Download (17kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR__PUSTAKA.pdf Download (9kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan proses penerapan metode bermain balok pada pembelajaran, dengan bermain balok dapat meningkatkan kreativitas anak. Obyek penelitian ini adalah bermain balok untuk meningkatkan kreativitas anak. Sumber dari penelitian ini diperoleh dari Peserta Didik kelompok B TK Aisyiyah Al Ja’far Dawung, Jenar,Sragen. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data secara deskrifsi kualitatif dengan model alur yang terdiri atas reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menujukkan adanya peningkatan kreativitas anak melalui bermain balok. Hal ini dapat ditunjukkan dari hasil evaluasi sebelum tindakan dan sesudah tindakan. Daya imajinasi anak sebelum tindakan dari 18,2 % ( 4 anak didik), siklus I 36,2 % ( 7 anak), siklus II 61,3 % (13 anak), siklus III 77,3 % (17 anak). Rasa ingin tahu anak sebelum tindakan 27,3 % (6 anak), siklus I 43,2 % (9 anak), siklus II 72,7 % (15 anak), siklus III 88,6 % (19 anak). Rasa percaya diri anak sebelum tindakan 22,7 % (5 anak), siklus I 43,2 % (9 anak), siklus II 65,8 % (14 anak), siklus III 88,7 % (19 anak). Kemandirian anak sebelum tindakan 27,3 % (6 anak), siklus I 45,5 % (10 anak), siklus II 70,4 % (15 anak), siklus III 88,6 % (19 anak). Keberanian dan keyakinan anak sebelum tindakan 22,7 % (5 anak), siklus I 45 % (10 anak), siklus II 70,4 % (15 anak), siklus III 90,9 % (20 anak). Penelitian ini menyimpulkan bahwa kegiatan bermain balok dalam pembelajaran di TK Aisyiyah Al Ja’far dapat meningkatkan kreativitas anak.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kreativitas, Bermain Balok. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 16 Aug 2011 05:45 |
Last Modified: | 16 Aug 2011 05:45 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14124 |
Actions (login required)
View Item |