PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN MOTIVASI BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VII MTs NEGERI JATINOM KLATEN TAHUN PELAJARAN 2010/2011

SU M A R MA, SU M A R MA (2011) PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN MOTIVASI BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VII MTs NEGERI JATINOM KLATEN TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (133kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (8kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf

Download (19kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (34kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (131kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (35kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran-lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)

Abstract

Kualitas pendidikan sangat ditentukan oleh metode atau cara yang digunakan pendidik dalam proses belajar mengajar. Hasil observasi yang dilakukan pada pembelajaran di Kelas VII MTs N Jatinom Klaten menunjukan bahwa kegiatan belajar mengajar masih terpusat pada guru. Dengan kondisi pembelajaran yang berpusat pada guru membuat siswa kurang termotivasi untuk belajar dikelas. Metode pembelajaran alternatif yang dapat digunakan adalah metode pembelajaran kooperatif. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan dan motivasi belajar siswa Kelas VII MTs N Jatinom Klaten tahun pelajaran 2010/2011 dengan penerapan metode pembelajaran kooperatif Think- Pair-Share. Hipotesis dalam penelitian ini adalah: penerapan metode pembelajaran kooperatif Think -pair-Share dapat meningkatkan keaktifan dan motivasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan desain penelitian tindakan kelas. Penelitian dilakukan di MTs N Jatinom Klaten tahun pelajaran 2010/2011. Subjek penelitian yaitu siswa Kelas VII MTs N Jatinom Klaten tahun pelajaran 2010/2011, sedangkan objek penelitian adalah keaktifan dan motivasi belajar siswa pada materi penyesuaian diri hewan dan tumbuhan dengan lingkungan serta penerapan metode pembelajaran kooperatif Think -Pair-Share dalam pembelajaran. Data berasal dari hasil penilaian dari instrumen yang diberikan. Teknik pengumpulan data melalui observasi, quesioner/angket, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian diketahui bahwa: (1) Penerapan pembelajaran metode Think-Pair-Share dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa Kelas VII MTs N Jatinom Klaten. Peningkatan keaktifan belajar siswa belajar dapat dilihat dari kenaikan rata-rata prosentase angket maupun observasi keaktifan siswa. Angket keaktifan siswa siklus I sebesar 69 %, siklus II sebesar 73%, dan siklus III sebesar 76% sedangkan observasi keaktifan siswa siklus I sebesar 67,85 %, siklus II sebesar 75,54 %, dan siklus III sebesar 78,84% ; dan (2) Penerapan pembelajaran metode Think-Pair-Share dapat meningkatkan motivasi belajar siswa Kelas VII MTs N Jatinom Klaten. Peningkatan motivasi belajar dapat dilihat dari kenaikan rata-rata prosentase angket mot ivasi belajar siswa (siklus I sebesar 68%, dan siklus II sebesar 76% sedangkan siklus III sebesar 77%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran, Pembelajaran Kooperatif Think -pair-Share, Keaktifan, Motivasi.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 16 Aug 2011 04:00
Last Modified: 16 Aug 2011 04:00
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14112

Actions (login required)

View Item View Item