PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGUBAH TEKS WAWANCARA MENJADI NARASI MELALUI PEMANFAATAN METODE COOPERATIVE SCRIPT (CS) BAGI SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 5 TANON KABUPATEN SRAGEN TAHUN AJARAN 2010/2011

Pujiyanti, Ucik (2011) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGUBAH TEKS WAWANCARA MENJADI NARASI MELALUI PEMANFAATAN METODE COOPERATIVE SCRIPT (CS) BAGI SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 5 TANON KABUPATEN SRAGEN TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (104kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3._BAB_I.pdf

Download (28kB)
[img] PDF (Bab II)
4._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (64kB)
[img] PDF (Bab III)
5._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (47kB)
[img] PDF (Bab IV)
6._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (210kB)
[img] PDF (Bab V)
7._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (17kB)
[img] PDF (Lampiran)
9._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (41MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pemanfaatan metode CS dalam meningkatkan kemampuan mengubah teks wawancara menjadi narasi, pada siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 5 Tanon kabupaten Sragen, setelah mengikuti pembelajaran dengan metode CS, serta mengetahui keaktifan siswa pada proses pembelajaran dengan metode CS. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Muhammadiyah 5 Tanon Kabupaten Sragen Tahun Ajaran 2010/2011 mulai bulan Pebruari sampai Mei 2011. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII sebanyak 32 siswa pada semester 2. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, tes. Teknik analisis data menggunakan analisis kritis. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil bahwa melalui pemanfaatan metode CS pada pembelajaran mengubah teks wawancara dengan cara kerja sama antara guru dan peneliti bahwa pemanfaatan metode CS mampu meningkatkan keaktifan siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 5 Tanon kabupaten Sragen. Aktivitas fokus terhadap pembelajaran pada kondisi awal sebanyak 12 siswa atau 39%, pada sikus I mengalami peningkatan menjadi 23 atau 72% dan pada siklus II meningkat menjadi 27 atau 90%. Aktifitas siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 5 Tanon dalam keaktifan siswa merespon pembelajaran dari guru pada kondisi awal Sebanyak 8 siswa atau 26%, pada siklus I sebanyak 14 siswa atau 44%, siklus II sebanyak 24 siswa atau 75% dan keaktifan siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 5 Tanon mengihktisarkan cerita berdasarkan teks wawancara secara lisan pada siklus I Sebanyak 15 siswa atau 47% dan Siklus II sebanyak 26 siswa atau 67%. Hasil kemampuan siswa dalam mengubah teks wawancara menjadi narasi dapat meningkat secara bertahap yaitu, hasil nilai pada kondisi awal dapat diketahui nilai 65 ke atas atau yang sudah mencapai minimal ketuntasan sebanyak 14 siswa atau 44% mengalami peningkatan pada siklus I menjadi 20 siswa atau 63% , dan pada siklus II meningkat menjadi 28 siswa atau 88%. Pada hasil nilai rata-rata kelas dimana pada kondisi awal sebesar 64 mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 68 dan pada siklus II sebesar 72.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: CS, Karangan Narasi, Teks Wawancara.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 15 Aug 2011 10:28
Last Modified: 15 Aug 2011 10:28
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14104

Actions (login required)

View Item View Item