Febriati, Mardina (2011) PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI KEUANGAN MENENGAH 1 DITINJAU DARI KONTINUITAS BELAJAR AKUNTANSI DAN KEMAMPUAN DASAR AKUNTANSI KEUANGAN PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI AKUNTANSI ANGKATAN 2009 FKIP UMS. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
COVER.pdf Download (417kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (257kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (330kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (405kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (392kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (197kB) |
||
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (216kB) |
||
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kontinuitas belajar akuntansi dan kemampuan Dasar Akuntansi Keuangan terhadap prestasi belajar Akuntansi Keuangan Menengah 1 (AKM 1) pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi Akuntansi angkatan 2009 FKIP UMS. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif, yang mengambil lokasi di FKIP-UMS. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Akuntansi angkatan 2009 FKIP UMS yang sedang menempuh mata kuliah Akuntansi Keuangan Menengah I sejumlah kurang lebih 200 mahasiswa. Sampel diambil sebanyak 127 mahasiswa dengan teknik proportional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi linear ganda, Uji F dan Uji t, serta perhitungan sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Kesimpulan penelitian ini adalah 1) Kontinuitas belajar akuntansi berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar AKM 1 pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi Akuntansi angkatan 2009 FKIP UMS. Kesimpulan ini berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 10,723 > 1,960 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 2) Kemampuan Dasar Akuntansi Keuangan berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar AKM 1 pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi Akuntansi angkatan 2009 FKIP UMS. Kesimpulan ini berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 2,747 > 1,960 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,007. 3) Kontinuitas belajar akuntansi dan kemampuan Dasar Akuntansi Keuangan secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar AKM 1 pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi Akuntansi angkatan 2009 FKIP UMS. Kesimpulan ini berdasarkan uji F diperoleh Fhitung > Ftabel, yaitu 90,280 > 3,07 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 4) Variabel Kontinuitas belajar akuntansi memberikan sumbangan efektif 51,18% dan sumbangan relatif 86,30%. Variabel kemampuan Dasar Akuntansi Keuangan memberikan sumbangan efektif 8,12% dan sumbangan relatif 13,70%. Dengan membandingkan nilai sumbangan efektif dan sumbangan relatif nampak bahwa variabel Kontinuitas belajar akuntansi memiliki pengaruh yang lebih dominan terhadap prestasi belajar AKM 1 dibandingkan variabel kemampuan Dasar Akuntansi Keuangan.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | RAK a210/2011-35 |
Uncontrolled Keywords: | Kontinuitas belajar akuntansi, kemampuan Dasar Akuntansi Keuangan dan prestasi belajar AKM 1 |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 15 Aug 2011 09:20 |
Last Modified: | 25 Oct 2011 06:26 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14094 |
Actions (login required)
View Item |