PENGARUH PEMAHAMAN DASAR AKUNTANSI KEUANGAN DAN KEMAMPUAN MENGGUNAKAN KOMPUTER TERHADAP PRESTASI BELAJAR KOMPUTER AKUNTANSI PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AKUNTANSI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN ANGKATAN 2008 TAHUN AKADEMIK 2010/2011

Santoso, Udin Hendri (2011) PENGARUH PEMAHAMAN DASAR AKUNTANSI KEUANGAN DAN KEMAMPUAN MENGGUNAKAN KOMPUTER TERHADAP PRESTASI BELAJAR KOMPUTER AKUNTANSI PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AKUNTANSI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN ANGKATAN 2008 TAHUN AKADEMIK 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2._Cover.pdf

Download (112kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3._Bab_I.pdf

Download (38kB)
[img] PDF (Bab II)
4._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (61kB)
[img] PDF (Bab III)
5._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (98kB)
[img] PDF (Bab IV)
6._Bab_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (124kB)
[img] PDF (Bab V)
7._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8._Daftar_Pustaka.pdf

Download (16kB)
[img] PDF (Lampiran)
9.Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (266kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Untuk mengetahui pengaruh yang signifikan pemahaman DAK terhadap prestasi belajar komputer akuntansi; 2) Untuk mengetahui pengaruh yang signifikan kemampuan mahasiswa dalam menggunakan komputer terhadap prestasi belajar komputer akuntansi; 3) Untuk mengetahui pengaruh yang signifikan pemahaman DAK dan kemampuan mahasiswa dalam menggunakan komputer terhadap prestasi belajar komputer akuntansi. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa program studi pendidikan akuntansi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan angkatan 2008 tahun akademik 2010/2011. Sampel diambil sebanyak adalah 45 orang mahasiswa dengan teknik accidental sampling. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Angket sebelumnya diujicobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji F, uji t, dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi: Y = 20,911 + 0,538X1 + 0,433X2. Persamaan menunjukkan bahwa prestasi belajar komputer akuntansi dipengaruhi oleh pemahaman Dasar Akuntansi Keuangan dan kemampuan menggunakan komputer. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) Ada pengaruh yang signifikan pemahaman Dasar Akuntansi Keuangan terhadap prestasi belajar komputer akuntansi” dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 2,761 > 2,018 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,009 dengan sumbangan efektif sebesar 15,9% dan sumbangan relatif sebesar 60%; 2) Ada pengaruh yang signifikan kemampuan menggunakan komputer terhadap prestasi belajar komputer akuntansi” dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 2,198 > 2,018 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,033 dengan sumbangan efektif sebesar 10,6% dan sumbangan relatif sebesar 40%; 3) Ada pengaruh yang signifikan pemahaman Dasar Akuntansi Keuangan dan kemampuan menggunakan komputer secara bersama-sama berpengaruh terhadap prestasi belajar komputer akuntansi” dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis variansi regresi linier ganda (uji F) diketahui bahwa Fhitung > Ftabel, yaitu 7,563 > 3,219 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,002.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman Dasar Akuntansi Keuangan, Kemampuan Menggunakan Komputer, dan Prestasi Belajar Komputer Akuntansi.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 15 Aug 2011 08:50
Last Modified: 15 Aug 2011 08:50
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14090

Actions (login required)

View Item View Item