Widyastuti, Ratnasari (2011) PENGARUH DUKUNGAN ORANG TUA DAN INTENSITAS BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI II TROSEMI GATAK TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
LAMPIRAN_DEPAN.pdf Download (58kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (160kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (219kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (267kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (131kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Registered users only Download (39kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAPUS.pdf Download (10kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Pendidikan merupakan sarana utama di dalam membentuk dan menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas baik melalui pendidikan informal di rumah maupun melalui pendidikan formal di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dukungan orang tua dan intensitas belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri II Trosemi Gatak. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Sample penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Trosemi II Gatak sebanyak 31 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Dukungan orang tua berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa yaitu 2,819 > 2,048, Intensitas belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa yaitu 3,248 > 2,048, Dukungan orang tua dan intensitas belajar secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa yaitu 14,145 > 3,340, Variabel dukungan orang tua memberikan sumbangan efektif 22,5% dan variabel intensitas belajar memberikan sumbangan efektif 27,8%. Jadi total sumbangan efektif adalah 50,3%, sedangkan sisanya 49,7% dipengaruhi oleh variabel lain misalnya kemandirian belajar, kedisiplinan belajar dll. Penelitian ini menyimpulkan bahwa dukungan orang tua dan intensitas belajar siswa berpengaruh terhadap hasil belajar siswa dan berdampak positif.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Dukungan orang tua, intensitas belajar, hasil belajar matematika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 15 Aug 2011 06:10 |
Last Modified: | 15 Aug 2011 06:10 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14076 |
Actions (login required)
View Item |