PENGARUH DUKUNGAN ORANG TUA DAN INTENSITAS BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI II TROSEMI GATAK TAHUN AJARAN 2010/2011

Widyastuti, Ratnasari (2011) PENGARUH DUKUNGAN ORANG TUA DAN INTENSITAS BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI II TROSEMI GATAK TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
LAMPIRAN_DEPAN.pdf

Download (58kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (160kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (219kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (267kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (131kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (39kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAPUS.pdf

Download (10kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan merupakan sarana utama di dalam membentuk dan menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas baik melalui pendidikan informal di rumah maupun melalui pendidikan formal di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dukungan orang tua dan intensitas belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri II Trosemi Gatak. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Sample penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Trosemi II Gatak sebanyak 31 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Dukungan orang tua berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa yaitu 2,819 > 2,048, Intensitas belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa yaitu 3,248 > 2,048, Dukungan orang tua dan intensitas belajar secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa yaitu 14,145 > 3,340, Variabel dukungan orang tua memberikan sumbangan efektif 22,5% dan variabel intensitas belajar memberikan sumbangan efektif 27,8%. Jadi total sumbangan efektif adalah 50,3%, sedangkan sisanya 49,7% dipengaruhi oleh variabel lain misalnya kemandirian belajar, kedisiplinan belajar dll. Penelitian ini menyimpulkan bahwa dukungan orang tua dan intensitas belajar siswa berpengaruh terhadap hasil belajar siswa dan berdampak positif.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Dukungan orang tua, intensitas belajar, hasil belajar matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 15 Aug 2011 06:10
Last Modified: 15 Aug 2011 06:10
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14076

Actions (login required)

View Item View Item